Wednesday, February 21, 2024
HomeInternasionalTonjolkan Sinergisitas, Menlu: Bantuan Kemanusiaan Untuk Rohingya Atas Nama Indonesia

Tonjolkan Sinergisitas, Menlu: Bantuan Kemanusiaan Untuk Rohingya Atas Nama Indonesia

 

 

Menteri Luar Negeri (RI), Retno L. P. Marsudi. (Foto: istimewa)
Menteri Luar Negeri (RI), Retno L. P. Marsudi. (Foto: istimewa)

JAKARTA – Hari ini, Rabu (13/9/2017) Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Rohingya Rakhine State, Myanmar. Pengiriman melalui 4 buah pesawat Hercules itu akan menuju perbatasan Bangladesh dan Myanmar dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dalam keterangannya usai acara tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi mengatakan antusiasme yang tinggi dari berbagai unsur masyarakat yang ingin memberikan bantuan, Pemerintah akan membantu menampung dan menyalurkan bantuan tersebut.

“Diplomasi kemanusiaan ini kita melakukan sinergi, karena ini memang bantuan dari pemerintah. Tapi kita dapat informasi banyak sekali keinginan banyak pihak ingin juga berikan sumbangan kontribusi bagi pengungsi itu akan kita tampung dan salurkan,” kata Menlu Retno.

Retno menghimbau kepada masyarakat yang ingin berkontribusi dapat berkoordinasi dengan pihaknya agar penyaluran bantuan dapat berjalan maksimal.

“Maka itu, sinergi pemerintah, masyarakat, ormas, pemda, dan lain-lain menjadi sangat penting. Artinya kita keluar dengan satu nama, INDONESIA,” tegas alumnus UGM Jogjakarta itu.

Retno menambahkan, apabila tak ada halangan, bantuan tahap pertama dari Indonesia ini diharapkan akan tiba pada hari Kamis (14/9/2017) atau paling lambat Jumat (15/9/2017) di Bangladesh. Setelah itu, bantuan akan dikirimkan melalui jalan darat menuju daerah pengungsian etnis Rohingya yang sejak beberapa waktu terakhir kembali mengalami kekerasan dari pihak militer Myanmar.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular