Sunday, July 14, 2024
spot_img
HomeSosial BudayaKemanusiaanBantuan Kemanusiaan Untuk Rohingya Dikirim, Jokowi: Ini Baru Tahap Pertama

Bantuan Kemanusiaan Untuk Rohingya Dikirim, Jokowi: Ini Baru Tahap Pertama

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo ditemani Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Willem Rampangilei melepas secara resmi bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Rohingya, di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, hari ini, Rabu (13/9/2017).

JAKARTA – Pengiriman bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk pengungsi Rohingya asal Rakhine State, Myanmar dari Indonesia hari ini, Rabu (13/9/2017) dikirimkan ke perbatasan Bangladesh dan Myanmar. Pengiriman dilakukan di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Presiden Joko Widodo hadir untuk melepas secara resmi pengiriman bantuan kemanusiaan yang sebagian besar berasal dari bantuan masyarakat dan ormas di Indonesia.

“Ini adalah pemberangkatan yang pertama. InsyaAllah minggu depan akan diberangkatkan lagi yang kedua, ketiga, dan seterusnya,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pelepasan resmi.

Bantuan kemanusiaan kali ini diberangkatkan dengan menggunakan empat pesawat Hercules agar paket bantuan dapat secepatnya diterima oleh para pengungsi yang berada di perbatasan Bangladesh dan Myanmar. Bantuan tersebut memang sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh para pengungsi di sana.

Diperbolehkannya pengiriman bantuan kemanusiaan ini bisa dilakukan tak lepas dari upaya diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia kepada pemerintah Bangladesh dan Myanmar.

“Kita harapkan nantinya ini akan sampai mendekati lokasi yang diinginkan, kurang lebih 170 kilometer menuju bandara yang ada, kemudian baru diangkut oleh truk menuju ke lokasi pengungsi yang ada di perbatasan Bangladesh dan Myanmar,” imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah membantu dan bersama-sama dengan pemerintah dalam menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan telah bersama-sama dengan pemerintah baik dari masyarakat, ormas, pemerintah daerah, pengusaha, yang bersama-sama nantinya akan juga mengirimkan bantuan-bantuan untuk saudara-saudara kita, para pengungsi dari Rakhine State, baik yang berada di Myanmar maupun Bangladesh,” tandasnya.

(bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Most Popular