Thursday, February 22, 2024
HomeEkonomikaTerkait Polemik Reklamasi, Jokowi: Saya Tak Pernah Keluarkan Izin!

Terkait Polemik Reklamasi, Jokowi: Saya Tak Pernah Keluarkan Izin!

Presiden Joko Widodo saat menjawab pertanyaan wartawan saat kunjungan kerjanya di Muara Gembong Bekasi Jawa Barat, pada Rabu (1/11/2017). (Foto: Laily Rachev/setpres)

 

BEKASI – Belum kelarnya polemik proyek reklamasi di pantai utara DKI Jakarta, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat tangan. Hal tersebut dikarenakan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini kerap dihubung-hubungkan hingga disebutkan telah menerbitkan sejumlah izin terkait reklamasi yang ditentang banyak pihak tersebut.

Menanggapi pertanyaan wartawan saat kunjungan kerja ke Bekasi Jawa Barat, menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengeluarkan izin reklamasi baik selama ia menjabat sebagai Presiden maupun saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Saya sampaikan, saya sebagai presiden tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi. Sebagai gubernur, saya juga tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi,” kata Jokowi di Muara Gembong, Bekasi, hari ini, Rabu 1/11/2017).

Sementara ketiak ditanya tentang Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 146 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Membangun dan Pelayanan Perizinan Prasarana Reklamasi Kawasan Strategis Pantura Jakarta yang sempat menjadi polemik, Jokowi menjelaskan bahwa Pergub tersebut bukan pemberian izin melainkan tentang petunjuk untuk mengajukan perizinan.

“Pergub itu kan Pergub yang acuan petunjuk dalam rangka kalau kamu minta izin, bukan reklamasinya. Kalau kamu minta izin, aturannya seperti apa. Bukan kamu saya beri izin, kamu saya beri izin reklamasi, bukan itu,” tandas Jokowi.

(bm/bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular