Tuesday, April 16, 2024
HomePolitikaNasionalPAN Klaim Dapat Jatah Menteri, Mendagri: Jangan Kembangkan Isu Negatif!

PAN Klaim Dapat Jatah Menteri, Mendagri: Jangan Kembangkan Isu Negatif!

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menanggapi pernyataan petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) Azis Subekti, terkait keyakinan partainya mendapat jatah menteri. Tjahjo menilai hal tersebut sangat tidak etis, mengingat penunjukan Menteri adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pernyataan Ketua DPP PAN terkait keyakinan dapat jatah Menteri dan rencana reshuffle kabinet menurut saya tidak etis. Terkesan mendesak atau mendikte Hak Prerogatif Presiden,” ujar mantan Sekjen PDIP itu kepada wartawan, Senin (28/12).

Tjahjo bahkan menyatakan menjadi makin tidak pantas saat PAN mengungkapkan hal tersebut secara terbuka usai menjalin komunikasi dengan istana. “Sah-sah saja jika pimpinan partai berkomunikasi, namun membuat rumor tidak jelas seperti mendapat jatah kursi menteri, akan mengganggu stabilitas kerja kabinet,” imbuh Tjahjo.

Tjahjo sendiri tidak akan terpengaruh terkait klaim sepihak pimpinan PAN itu. Untuk diketahui, Ketua DPP PAN, Azis Subekti mengklaim dirinya mendapat info valid dari lingkungan Istana Negara. Info tersebut berkaitan dengan perombakan kabinet atau reshuffle, akan dilakukan Presiden Jokowi setelah mengumumkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Santer diberitakan bahwa akan ada dua menteri yang akan direshuffle yakni Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Tjahjo sendiri menilai, seharusnya pihak-pihak di luar kabinet tidak mengembangkan isu-isu negatif. Lebih baik, mereka mengarahkan kritik dan saran kepada pemerintah yang sifatnya terbuka serta membangun.

“Pemerintah terbuka menerima kritik saran masukan dari siapapun untuk membangun bangsa ini kedepan yang semakin baik,” pungkas Tjahjo.

(msa/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular