Sunday, February 25, 2024
HomePolitikaDaerahCara Jitu Desa Panaikang Kabupaten Sinjai Manfaatkan Dana Desa

Cara Jitu Desa Panaikang Kabupaten Sinjai Manfaatkan Dana Desa

Para peserta pelatihan pembuatan pakan ternak dari Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan berfoto bersama pemateri dari PT Natural Nusantara (NASA) seusai acara, Sabtu (13/7/2019). (foto: awal)

 

SINJAI, SULAWESI SELATAN – Selain untuk kegiatan pembangunan infrastruktur, Dana Desa bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat program pelatihan. Dari program pelatihan Fermentasi Pakan Ternak diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan masyarakat. Seperti halnya Pemerintah Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan memiliki program pemberdayaan yang diambilkan dari Dana Desa untuk pelatihan.

Muspadillah S.Pd, selaku Sekretaris Desa Panaikang menuturkan bahwa masyarakat di desanya, mayoritas kebanyakan adalah peternak sapi dan kambing.

“Akan tetapi cara beternak yang dijalankan masih manual tiap hari. Kendala yang dihadapi warga ketika musim penghujan mau pergi ngarit terhalang hujan. Ketika musim kemarau sulit mendapatkan pakan ternak karena limbah pertanian seperti jerami dan batang pisang melimpah untuk diolah menjadi pakan fermentasi,” ujar Muspadillah kepada cakrawarta.com, Sabtu (13/7/2019).

Karena hal itu, menurut Muspadillah perlu pelatihan cara beternak yang lebih modern agar bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat berbasis sosial.

Karena itu, pada hari ini, Sabtu (13/7/2019) Pemerintah Desa Panaikang menyenggarakan pelatihan fermentasi pakan ternak dengan mengundang PPL dari PT Natural Nusantara ( NASA ) yaitu Bapak Sumardi Sp. Dalam pemaparan materi, Sumardi memberikan informasi kepada peserta terkait penggunaan pakan dengan bahan sederhana, mudah dijumpai dan didapatkan.

Sumardi memaparkan bahwa campuran bahan yang dapat digunakan adalah batang pisang (lebih diutamakan jerami padi), dedak, gula, garam dan air.

“Nanti campuran bahan-bahan tersebut akan menjadi pakan ternak setelah diproses fermentasi dengan tambahan teknologi organik dari produk NASA yaitu paket Viterna dan Tangguh,” papar Sumardi kepada peserta pelatihan.

Para peternak dari Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai yang mengikuti pelatihan sedang menyaksikan bagaimana cara membuat pakan ternak dari jerami padi yang dicontohkan pemateri dari PT Natural Nusantara (NASA) Sumardi, Sabtu (13/7/2019). (foto: awal)

Menurut Sumardi, metode pembuatan pakan fermentasi dengan bahan lokal yang dirinya sampaikan sangat mudah. Hanya saja dirinya sangat berharap para peserta pelatihan  mau dan konsisten dalam mempraktekkan pembuatan pakan ternak tersebut.

“Saya berharap selepas pelatihan para peternak bisa konsisten mempraktekkan cara mengolah pakan ternak ini. Karena ini juga untuk mereka sendiri,” pungkasnya.

(awal/bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular