Berita Terpercaya Tajam Terkini

Berpakaian Warok, Danrem 081/DSJ Hadiri Malam Grebeg Suro di Ponorogo

0
Mengenakan pakaian warok, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki menghadiri peringatan malam Grebeg Suro yang digelar di Aloon-Aloon Ponorogo, Sabtu (30/7/2022) malam. (foto: istimewa)

 

PONOROGO – Dengan mengenakan pakaian warok, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Deni Rejeki menghadiri peringatan malam Grebeg Suro yang digelar di Aloon-Aloon Ponorogo.

Warok adalah gambaran tokoh yang melegenda di kalangan masyarakat Ponorogo yang memiliki jiwa kesatria, berbudi pekerti luhur dan berwibawa tinggi.

Sedangkan Grebeg Suro sendiri merupakan tradisi populer di Ponorogo untuk memperingati pergantian tahun yang digelar setiap 1 Muharam atau 1 Suro dalam kalender Jawa.

Dalam peringatan malam Grebeg Suro tersebut, juga dilakukan pengumuman Festival Reog Mini (FRM) XVIII dan Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XXVII.

Danrem berharap, peringatan malam Grebeg Suro yang sarat akan nilai seni dan budaya dapat terus dipelihara dan dilestarikan.

“Semoga dapat terus dilestarikan. Karena tradisi seperti ini tentunya merupakan bagian dari kekayaan seni dan budaya bangsa Indonesia yang harus terus dijaga,” katanya saat ditemui di lokasi, Sabtu (30/7/2022) malam.

Lebih dari itu, dirinya pun menilai, penyelenggaran malam Grebeg Suro di Ponorogo kali ini berjalan dengan baik dan begitu meriah.

“Acaranya luar biasa meriah dan sukses. Saya rasa seluruh masyarakat yang hadir di sini merasa sangat terhibur,” ujarnya.

Selain Forkopimda Ponorogo, acara tersebut juga tampak dihadiri wagub Jatim Emil Elistianto Dardak, Sesmenko Perekonomian Susiwiyono Mugiarso, Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes Sugito, Kepala Bakorwil Madiun Eddy Supriyanto.

(arwang/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.