Puluhan Paus Terdampar di Pantai Modung Bangkalan, Ini Penjelasan Kementerian KKP

0 730
Sebanyak 55 ekor paus jenis short-finned pilot whale ditemukan terdampar di bibir Pantai Modung, Bangkalan, Madura Jawa Timur, Jumat (19/2/2021). Sebanyak 52 ekor dinyatakan mati dan sisanya 3 ekor berhasil diselamatkan dan dilepasliarkan ke laut lepas oleh gabungan BPSPL Kementerian KKP, Pemda Bangkalan, Babinsa, Bhabinkamtibnas, Pemprov Jatim, Dokter Hewan Unair dan dibantu sejumlah relawan dan masyarakat setempat. (foto: istimewa)

 

BANGKALAN – Ada fenomena menarik yang terjadi di Bangkalan, Madura pada Jumat (19/2/2021) yakni masyarakat dihebohkan dengan terdamparnya puluhan paus. Tepatnya sekitar 55 paus terdampar di lepas Pantai Modung, Bangkalan.

Menurut keterangan Dirjen Pesisir dan Ruang Laut Tb. Haeru Rahayu, sekitar 52 paus dinyatakan mati dan hanya 3 saja yang hidup.

“Tim Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja Jatim, dokter hewan Flying Vet, Babinsa, Bhabinkamtibnas, aparatur pemda Bangkalan, Dinas KP Provinsi Jatim, dokter hewan Unair dan relawan sudah berada di lokasi sekitar pukul 08.40 wib pagi ini,” terang Haeru kepada awak media, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, paus yang terdampar adalah jenis short-finned pilot whale. Ia menjelaskan prediksinya atas fenomena yang terjadi di Bangkalan dan membuat heboh masyarakat setempat itu.

“Kami menduga ada 1 ekor dalam rombongan paus yang terluka atau sakit, sehingga sisa rombongan pausnya mengikuti dan menjaga dan akhirnya terdampar. Ini akhirnya, 52 paus ditemukan mati. Secara teori, paus jenis ini berenang bergerombol dan jika ada 1 atau beberapa anggota rombongan yang sakit maka sisanya menunggu dan mengikuti,” paparnya.

Sementara 3 ekor paus yang masih hidup sudah dilepasliarkan ke laut lepas.

“Betul. 3 ekor yang masih hidup kami selamatkan saat air pasang. Sudah berhasil,” pungkasnya.

(wahyu muryadi/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.