Berita Terpercaya Tajam Terkini

Ketua LTMPT Prof. Nasih: Segera Lakukan Finalisasi Data, Jangan Mepet Tanggal Penutupan

Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Prof. Mohammad Nasih yang juga menjadi Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2020.

 

SURABAYA – Proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah memasuki tahap pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS). Proses yang sudah dibuka sejak tanggal 15 Januari tersebut akan ditutup pada tanggal 8 Februari 2020 mendatang

Meski tinggal menghitung hari, tercatat masih sangat sedikit yang melakukan finalisasi pengisian PDSS. Untuk itu, dihadapan awak media pada Senin (3/2/2020), Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Mohammad Nasih mengimbau peserta SNMPTN untuk segera melakukan finalisasi data.

“Dari pantauan kami, sekolah dan siswa yang sudah melakukan finalisasi belum mencapai 50%,” ujar pria yang juga merupakan rektor Universitas Airlangga itu.

Menurut pria murah senyum tersebut, ada laporan masuk kepadanya bahwa di lapangan ada persoalan perangkingan sehingga membuat finalisasi terhambat. Karenanya, jika waktu terhambat dan peserta melakukan finalisasi di hari-hari terakhir dikhawatirkan akan terjadi penumpukan peserta finalisasi di akhir waktu penutupan. Jika hal itu sampai terjadi, akan berpengaruh pada sistem sehingga terjadi gangguan. Dan hal ini tentu bisa merugikan pihak sekolah.

“Agar tidak merugikan pihak sekolah juga, maka kami imbau segera untuk pihak sekolah maupun siswa bisa melakukan finalisasi. Hal ini untuk kepentingan bersama, baik pihak LTMPT maupun pihak sekolah. Mumpung masih ada lima hari, kalau peserta bisa melakukan finalisasi sedari dini, tentu tidak akan ada kendala di sistem yang terjadi menjelang penutupan,” imbuhnya memperingatkan.

Untuk diketahui, Nasih menyajikan data pengisian PDSS per 3 Februari 2020, Pukul 06.30. Dari segi data sekolah, jumlah sekolah yang mengisi data telah mencapai angka 15.706. Sementara itu, jumlah sekolah yang melakukan finalisasi data baru di angka 4.968. Untuk jumlah sekolah yang telah melakukan pemeringkatan bahkan angkanya semakin mengecil yakni baru mencapai 3.460. Sedangkan dari aspek data siswa, jumlah siswa yang diisikan datanya telah menyentuh angka 1.833.838. dari angka tersebut jumlah siswa yang mempunyai akun LTMPT dan diisikan datanya mencapai 1.474.111 dan jumlah siswa yang mempunyai akun LTMPT dan secara permanen akunnya telah diisikan datanya berada di angka 1.153.569.

(sw/bti)

Comments are closed.