Berita Terpercaya Tajam Terkini

Hari Ini, Unair Kukuhkan 4 Guru Besar Baru

0
Universitas Airlangga Surabaya mengukuhkan empat guru besar baru yakni Prof. Dr. Muhammad Madyan, SE., M.Si., MFin; Prof. M. Miftahussurur, dr., M.Kes., SpPD-KGEH., Ph.D., FINASIM; Prof. Dr. Rudi Purwono, SE., MSE., dan Prof. Dr. Anang Endaryanto, dr., Sp.AK. di Aula Garuda Mukti, Kampus C Unair, Rabu (31/8/2022). (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Rabu (31/8/2022) Universitas Airlangga (Unair) mengukuhkan empat guru besar baru. Mereka adalah Prof. Dr. Muhammad Madyan, SE., M.Si., MFin; Prof. M. Miftahussurur, dr., M.Kes., SpPD-KGEH., Ph.D., FINASIM; Prof. Dr. Rudi Purwono, SE., MSE., dan Prof. Dr. Anang Endaryanto, dr., Sp.AK.

Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT Ak menyampaikan rasa syukur dan apresiasi tinggi. Ia meyakini kehadiran guru besar baru mampu membawa dampak luar biasa bagi UNAIR.

“Orasi sangat menginspirasi, bahwa kita tak mungkin berdiri di satu disiplin,” tuturnya saat momen pengukuhan para guru besar di Aula Garuda Mukti, Kampus C Unair.

Kalimat tersebut mengacu pada orasi empat guru besar yang meramu berbagai disiplin ilmu dalam riset mereka. Mulai dari kolaborasi riset kedokteran dengan akuntansi dan perubahan iklim, hingga perpaduan ilmu manajemen dengan masalah VUCA atau volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity.

Nasih menyoroti perubahan iklim dan VUCA akibat kerakusan manusia. Masalah tersebut ia pandang sebagai tugas dan pekerjaan rumah bagi para guru besar.

Dalam skala formal, ia menyebut kerakusan muncul dalam sistem dan ideologi. Keduanya terus berfokus pada aspek pertumbuhan, hingga mengalami kecanduan.

“Harus tumbuh, tumbuh, dan tumbuh. Sementara melupakan keadilan. Saya berharap guru besar bisa berkontribusi pada pemecahan masalah, tidak hanya secara fundamental. Tapi juga dari akar persoalan,” imbuh Nasih.

Dari empat guru besar baru, Profesor Madyan menerima gelar guru besar bidang Ilmu Manajemen, Profesor Miftahussurur menjadi guru besar bidang Ilmu Penyakit Dalam, Profesor Rudi menjadi guru besar bidang Ilmu Ekonomi dan Profesor Anang bergelar guru besar bidang Ilmu Kesehatan Anak.

(pkip/bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.