Tuesday, February 7, 2023
HomePolitikaPWI Jatim: Media Wajib Memberikan Pendidikan Politik!

PWI Jatim: Media Wajib Memberikan Pendidikan Politik!

Ketua Mappilu PWI Jatim Machmud Suhermono saat menjadi pemateri dalam acara Sosialisasi Regulasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, yang digelar KPU Jawa Timur di JW Marriott Hotel, Surabaya, pada Kamis (8/12/2022). (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Wakil Ketua PWI Jatim yang juga sebagai Ketua Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Jatim, Machmud Suhermono berpartisipasi dalam upaya melakukan pendidikan politik sebagai wujud implementasi UU Pers.

Hal tersebut dilakukan oleh Machmud dengan menjadi pemateri dalam acara Sosialisasi Regulasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, yang digelar KPU Jawa Timur di JW Marriott Hotel, Surabaya, pada Kamis (8/12/2022) malam.

“Media wajib memberikan pendidikan politik, sesuai dengan fungsinya dalam Pasal 3 UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, yakni sebagai sarana informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial,” ujar Machmud Suhermono melalui sambungan telepon, Jumat (9/12/2022) pagi.

Pria murah senyum yang juga merupakan Wakil Ketua IKA FISIP Unair itu menegaskan bahwa edukasi politik melalui peran pers menjadi penting agar masyarakat pemilih tak mudah terprovokasi.

“Dengan pendidikan politik yang masif diharapkan pemilih bisa semakin dewasa, tidak mudah terprovokasi dan menjadi pemilih yang rasional,” imbuhnya.

Acara sosialisasi itu sendiri diikuti ratusan peserta dari unsur KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota, Polri, Bakesbang, OKP, KPID dan Media.

“Memang lumayan menguras tenaga tetapi saya berharap kontribusi kami yang tak seberapa ini memberikan manfaat dan barokah. Aamiin,” harap Machmud sekaligus mengakhiri keterangan.

(bus/bti)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular