Berita Terpercaya Tajam Terkini

Vaksin Booster Dijalankan Pekan Depan, YLKI: Jangan Sampai Ada Praktik Komersialisasi!

0
Program vaksinasi massal Covid-19 dosis 1 dan 2 di Kampus Unair Surabaya, Minggu (25/7/2021) tahun lalu. Pemerintah secara resmi akan menjalankan vaksinasi dosis ketiga pekan depan yang menyasar 21 juta warga yang telah lengkap vaksinasi pertama dan keduanya. (foto: istimewa)

 

 

JAKARTA – Pemerintah menegaskan bahwa vaksinasi ketiga (vaksin booster) akan dimulai pekan mendatanga. Presiden Joko Widodo secara resmi mengatakan bahwa akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga pada Rabu, 12 Januari 2022 mendatang.

“Vaksinasi booster ini juga akan diberikan dengan jangka waktu di atas enam bulan sesudah dosis kedua. Kita identifikasi ada sekitar 21 juta sasaran di bulan Januari yang sudah masuk ke kategori ini,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, pada Senin (3/12022) lalu.

Terkait kebijakan tersebut, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta agar pemerintah dapat menjamin bahwa program vaksin booster tidak akan mengganggu pelaksanaan vaksinasi reguler yang tengah berjalan.

“Jika memang jadi dijalankan maka kami meminta pemerintah harus menjamin vaksinasi booster tidak akan mengganggu pelaksanaan vaksinasi reguler,” ujar Tulus Abadi dalam keterangannya kepada awak media, Rabu (5/1/2022).

YLKI sangat berharap vaksinasi dosis ketiga ini tidak berbayar alias gratis. “Jika pun harus berbayar, kelompok rentan ekonomi yakni penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan, haruslah gratis. Syukur-syukur semua bisa digratiskan,” imbuhnya.

Jika harus berbayar, YLKI meminta pemerintah agar bisa menetapkan harga eceran tertinggi (HET) vaksin berbayar.

“Tentu dengan margin keuntungan yang wajar. Jangan sampai ada praktik komersialisasi vaksin booster. Apalagi upaya eksploitasi harga vaksin pada masyarakat. Karenanya, pemerintah harus melakukan post market control secara ketat, agar tidak terjadi pelanggaran pada HET yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

(bm/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.