Berita Terpercaya Tajam Terkini

Terkait Laporan Bloomberg, Ayo Kenali Apa Itu Stagflasi!

0
Pakar Ekonomi UISI Leo Herlambang
Pakar ekonomi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Dr. Leo Herlambang, SE., MM. (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Pasca laporan ekonomi dari Bloomberg, banyak spekulasi bermunculan. Hal tersebut tak terlepas dari masuknya nama Indonesia sebagai negara yang disinyalir kondisi ekonomi politiknya akan seperti Sri Lanka yang sedang mengalami resesi hingga memaksa Presiden Gotapaya Rajapaksa melarikan diri ke Singapura dan mengumumkan bahwa dirinya mengundurkan diri dari posisi presiden.

Dalam narasinya, publik kemudian memunculkan istilah stagflasi. Lalu apakah stagflasi itu? Pakar ekonomi Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Dr. Leo Herlambang, SE., MM mengatakan bahwa suatu negara dikatakan mengalami stagflasi apabila memenuhi minimal 3 hal.

“Intinya dikatakan stagflasi kalau memenuhi 3 unsur yaitu stagnasi ekonomi dimana kondisi ekonomi suatu negara tidak bergerak, lalu adanya resesi dan terakhir inflasi yang tinggi. Stagflasi adalah kombinasi ketiga unsur itu,” ujar Leo Herlambang kepada media ini, Senin (18/7/2022).

Leo menambahkan bahwa yang dimaksud dengan ekonomi stagnan bukan berarti sektor ekonomi tidak bergerak sama sekali.

“Jadi sederhananya stagnasi ekonomi itu situasi dimana banyak pihak mengalami kesulitan untuk bekerja, tidak adanya kemudahan dalam berinvestasi,” imbuhnya.

Sementara itu resesi ekonomi adalah situasi ekonomi dimana sudah dua kuartal suatu negara ekonominya tidak mengalami pertumbuhan. Indikator utama inflasi dialami suatu negara adalah ketika harga-harga mulai naik dan biasanya dibagi menjadi tiga varian yaitu inflasi rendah, sedang dan tinggi.

“Karena itu, terkait munculnya rumor akan ada stagflasi, kita harus ekstra hati-hati melihat situasi yang ada sekarang. Perbanyak update informasi dan data valid dari sumber terpercaya sehingga bisa menjadi pegangan menentukan langkah-langkah ekonomi kita,” pungkas pria yang juga merupakan Wakil Rektor UISI itu.

(bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.