Berita Terpercaya Tajam Terkini

Sambut Ramadhan, BTS LAZISKU Sapa Pengepul Sampah di Lapak Pak Tarja

0
Direktur Program dan Penghimpunan LAZISKU, Dityaningsih saat menyapa keluarga pengepul sampah di Lapak Pak Tarja, yang berlokasi di Jalan Liun RT 012 RW 011, Kelurahan Pertukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Jumat (1/4/2022). (foto: istimewa)

JAKARTA – Ada yang menarik pada hari Jumat terakhir bulan Sya’ban (1/4/2022 lalu. Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Kemandirian Umat (LAZISKU) menyapa para pengepul sampah melalui program Berbagi Tuk Sesama, yang sudah populer dengan sebutan BTS LAZISKU.

Berbeda dengan program serupa sebelumnya, kali ini BTS LAZISKU membersamai masyarakat pengepul sampah di Lapak Pak Tarja, yang berlokasi di Jalan Liun RT 012 RW 011, Kelurahan Pertukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Kehadiran program BTS LAZISKU untuk berbagi makanan dan minuman, disambut gembira ibu-ibu dan anak-anak. Meskipun mereka harus sedikit berimpitan, karena tempatnya sempit di gang depan sebuah musholla kecil, yakni Musholla Al-Ikhlas, yang hanya cukup untuk menampung bapak-bapak. Suasana meriah dengan bacaan shalawat dari ibu-ibu dan anak-anak sebelum kegiatan dimulai.

Direktur Program dan Penghimpunan LAZISKU, Dityaningsih mengawali kegiatan dengan memperkenalkan kegiatan LAZISKU, memberikan pesan-pesan Ramadhan, lalu membuat kuis berhadiah.

Anak-anak yang berhasil menjawab kuis dengan benar dan mendapat hadiah, tampak senang sekali. Seperti ada perasaan telah berprestasi dan dihargai orang lain. Dari kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak juga ikut aktif mengikuti kuis seputar pengetahuan keislaman.

“Tentu saja mereka jadi bersemangat, karena mendapat hadiah berupa perlengkapan salat,” tutur penanggung jawab program BTS LAZISKU, Didi Mardiono.

Peserta yang hadir adalah keluarga pengepul sampah, selain itu ibu-ibunya juga aktif bekerja sebagai pekerja paruh waktu di rumah tangga sekitar lingkungan Pertukangan Utara.

Tarja yang akrab disapa Pak Tarja oleh para tetangganya, sebagai pelapak yang dituakan di lingkungan tersebut, berharap LAZISKU dapat hadir kembali untuk menyelenggarakan buka puasa bersama (ifthor jama’i) di bulan Ramadhan.

“Musholla Al-Ikhlas siap menyambut Ramadhan, karena sudah dibersihkan dan dicat ulang atas prakarsa Ibu Hosrita Yuda, Ketua Yayasan Yatim Piatu Non Panti Kasih Ibu la Tansa, yang membina anak anak yatim dan dhuafa,” cerita Pak Tarja.

Pak Tarja juga menceriterakan bila lapaknya yang merupakan kumpulan keluarga pengepul sampah, dibina Yayasan Yatim Piatu Non Panti Kasih Ibu “la Tansa” yang beralamat di Jalan Muchtar Raya No. 44 RT 010 RW 01, Kelurahan Pertukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Salah seorang relawan LAZISKU, Anshori, menilai kehadiran LAZISKU sangat dibutuhkan di lingkungan masyarakat seperti para pengepul sampah di lapak Pak Tarja.

“Karena dapat menjadi jembatan antara si kaya dan si miskin, di mana LAZISKU sebagai amil zakat, infaq dan shadaqah, kemudian menyalurkan kepada yang membutuhkan dan benar benar dapat langsung dirasakan oleh mereka,” katanya.

Anshori berharap akan lebih banyak lagi yang memberikan zakat, infaq dan shadaqah selama bulan Ramadhan ini melalui LAZISKU.

(amt/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.