Berita Terpercaya Tajam Terkini

Polemik Gonggongan Anjing, Ketua BKMT Syifa Fauzia Desak Menag Yaqut Minta Maaf Terbuka

0
Syifa Fauzia, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim dalam acara Muktamar IX BKMT beberapa waktu lalu. (foto: istimewa)

 

JAKARTA – Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Syifa Fauzia menyesalkan pernyataan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang memilih diksi menyamakan suara adzan dengan gonggongan anjing.

Menurutnya, sebagai Menteri Agama atau pejabat negara, Yaqut semestinya harus lebih berhati-hati memilih kalimat atau membuat pernyataan agar tidak menimbulkan kontoversi sehingga, memicu keresahan masyarakat dan umat.

“Kami sangat kecewa kalau adzan dibandingkan dengan suara gonggongan anjing. Ini justru memicu keresahan umat. Pak Menag kok malah memicu kegaduhan,” ujar Syifa dalam keterangannya kepada media, Kamis (24/2/2022).

Syifa meminta, Menag Yaqut segera menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf agar persoalan atau polemik ini tidak dimanfaatkan pihak lain yang senang melihat umat Islam berseteru.

“Saya minta Pak Menag arif dan bijaksana. Segera introspeksi, sampaikan permohonan maaf secara terbuka,” tegasnya.

Syifa mengatakan, manusia adalah tempatnya salah. Artinya, siapa saja bisa berbuat khilaf dan salah. Namun, poin pentingnya adalah bagaimana kita memperbaiki diri ke depan.

Syifa menambahkan, terkait adanya konsekuensi hukum dari pernyataan Menteri Agama, hal itu merupakan sebuah kewajaran dan resiko yang harus dihadapi.

Untuk diketahui, dalam memberikan penjelasan terkait Surat Edaran Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala di Pekanbaru, Yaqut dalam aturan soal pengeras suara memakai analogi yang dianggap membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing. Karena suara-suara tersebut ma

(ep/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.