Berita Terpercaya Tajam Terkini

Pelatihan Kopi KBPII Di Kawasan Wisata Posong Jawa Tengah Beri Jaminan Kerja Bagi Lulusan Terbaik

0
Suasana Workshop Barista I atau Pelatihan Kopi I yang diselenggarakan KBPII di Garut Jawa Barat Tahun 2021 lallu. Latihan tahap II akan diselenggarakan di Kawasan Wisata Posong, Temanggung, Jawa Tengah, 18-19 Agustus 2022. (foto: Ahmad Toha Almansur)

 

JAKARTAIndonesian Network For Social and Economic Development (INSED), sebuah lembaga amal usaha dibawah Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII), kembali menggelar Pelatihan Kopi tahap II.

Workshop Barista II atau Pelatihan Kopi akan digelar di ‘tempat kelahiran’ Filosofi Kopi, kawasan Wisata Posong, Temanggung, Jawa Tengah, pekan depan selama dua hari yakni Kamis dan Jumat, 18-19 Agustus 2022.

“Kita ingin peserta merasakan indahnya dan sejuknya kawasan wisata Posong Temanggung, sekaligus menjiwai ilmu kopi seperti diuraikan dalam film filosofi kopi, dimana shooting nya dilaksanakan di kawasan ini,” ujar Didi Mardiono, Ketua Pelaksana Pelatihan Kopi KBPII pada media ini, Kamis (11/8/2022).

Didi menambahkan pelatihan akan diasuh oleh Tuhar, seorang pemberdaya kopi asli Temanggung yang menghidupkan kembali tradisi menanam dan memelihara kopi di Temanggung.

“Pak Tuhar adalah contoh riil kearifan lokal, yang dengan tulus menjadikan kopi menjadi salah satu komoditas penting di Temanggung sebelum menjadi trend di berbagai tempat,” tambah Dion, panggilan akrab Didi Mardiono.

Ia menambahkan pelatihan dan workshop kopi yang diselenggarakan KBPII akan memgajak peserta menginap dan Posong dan secara intens mendapatkan materi perkopian dari soal jenis kopi, budidaya kopi, pengolahan biji kopi, pengolahan pasca panen, roasting, uji cita rasa, hingga manajemen kedai kopi.

Uniknya untuk pelatihan kali, Didi mengaku ada beberapa pengusaha kafe yang memesan calon lulusan untuk direktur menjadi karyawan.

“Jadi memang kami lebih menekankan agar peserta menjadi wirausaha, tapi karena permintaan tenaga barista, kami juga memberi jaminan kerja bagi peserta terbaik,” ucap Dion.

Pelatihan kopi KBPII menurut Dion merupakan even kedua. Sebelumnya KBPII sudah menyelesaikan pelatihan serupa di Kawasan Desa Wisata Cipeuteu Kabupaten Garut Jawa Barat.

“Prinsipnya kita ingin menularkan ketrampilan sekaligus mengangkat kearifan lokal terkait dengan kekayaan produk kopi yang ada di Indonesia,” ujar aktifis klub Honda Freed Owners (Hofos) ini .

Dion menyatakan pelatihan Barista 3 rencananya nanti juga akan digelar di kawasan Jember Jawa Timur yang memiliki kearifan lokal kopi yang sudah banyak dikenal acara nasional maupun internasional. (***)

(ahmad/bm/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.