Berita Terpercaya Tajam Terkini

Panen Jagung Bersama Warga Kampung Sota, Kepala Adat: Terima Kasih Satgas Yonif 123/Rajawali!

0
Kepala Adat Kampung Sota Daud Ndimar bersama personel TNI dari Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali Pos Komando Utama (Kout) melakukan panen raya jagung di kebun Pos Kout Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (23/7/2022). (foto: dokumentasi yonif 123)

 

MERAUKE – Sabtu (23/7/2022) para personel TNI dari Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali bersama masyarakat sekitar Pos Komando Utama (Kout) melakukan panen raya Jagung di kebun Pos Kout Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Wakil Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Kapten Inf Anotona Zebua mengatakan bahwa kegiatan panen raya Jagung tersebut yang dilakukan oleh Personel Pos Kout Dengan harapan agar masyarakat di sekitar Pos memiliki kesadaran untuk memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitarnya.

“Tujuannya bisa menyokong mata pencaharian masyarakat di sekitar atau paling tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” ujar Kapten Inf Anotona Zebua dalam keterangannya pada media.

Lebih lanjut, Kapten Inf Anotona Zebua menjelaskan bahwa tanah di Wilayah Sota merupakan tanah yang subur dan bagus sehingga tanaman apapun yang ditanam akan tumbuh dengan baik selama cara penanamannya tepat.

“Hal ini yang menjadi semangat tersendiri bagi Pos Kout untuk mengajak masyarakat menanam jagung manis di lahan kosong yang berada di sekitar Kampung Sota. Setelah menunggu selama 3 bulan, setelah menanam bibit jagung di lahan percontohan, maka tibalah saat yang ditunggu-tunggu oleh Personel Pos Kout dan masyarakat untuk melaksanakan panen raya,” imbuh Kapten Inf Anotona Zebua.

Pada kesempatan yang sama, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/RW Letkol Inf Goklas P. Silaban menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar untuk ikut merasakan hasil dari bercocok tanam Personel Pos Kout sehingga memberikan semangat tersendiri kepada masyarakat untuk mengikuti jejak dari Pos Kout tersebut.

Sementara itu, Kepala Adat Kampung Sota, Daud Ndimar mewakili masyarakat turut mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dengan adanya panen raya tersebut sehingga dapat menyadarkan masyarakat sehingga bisa lebih memanfaatkan lahan yang berada di sekitar lingkungannya serta memiliki dampak luar biasa bagi perekonomian mereka.

“Atas nama warga kampung Sota kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Bapak TNI Yonif 123/RW Pos Kout yang telah memberikan inspirasi kepada kami sehingga kegiatan ini sangat positif untuk kemajuan warga kampung Sota,” ucap pria yang akrab disapa Tete Daud itu.

(RW/BTI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.