Berita Terpercaya Tajam Terkini

Pandemi Covid-19 Membaik, Lion Air Buka Kembali Rute Medan-Penang

0
ilustrasi. (foto: istimewa)

 

DELI SERDANG – Kondisi pandemi Covid-19 yang terus melandai membuat Lion Air akan membuka kembali rute penerbangan internasionalnya Medan ke Penang Malaysia. Hal tersebut disampaikan oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro.

“Mulai 17 Juni 2022 ini kami akan membuka kembali atau re-operate rute dari Bandara Kualanamu Medan Sumatera Utara menuju Bandar Udara Internasional Pulau Pinang-Bayan Lepas, Penang, Malaysia. Tahap awal, Lion Air menawarkan jadwal terbang 1 kali sehari atau 7 kali dalam sepekan dengan bagasi gratis hingga 20 kg,” ujar Danang melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi cakrawarta.com, Rabu (8/6/2022) pagi.

Menurut Danang, pengoperasian kembali rute internasional ini dalam rangka mendukung aktivitas ekonomi antar negara.

“Saat ini Penang masih menjadi salah satu primadona bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat
yang memerlukan kebutuhan medis. Medan, Ibu Kota Sumatera Utara sebagai kota metropolitan menjadi
salah satu pintu masuk menuju Indonesia yang memiliki potensi di bidang wisata dengan keragaman sosial
budaya, perikanan, pertambangan, kuliner dan bidang lainnya,” imbuh Danang.

Danang menilai, pihaknya optimis, ketersediaan penerbangan dengan jadwal yang tepat akan semakin membantu dalam perkembangan provinsi di Indonesia dan negara bagian Malaysia sejalan dengan program masing-masing pemerintah.

“Konektivitas “Indonesia Bagian Barat” semakin terbuka sebagai salah satu pusat ekonomi baru yang mempunyai potensi bisnis, perdagangan, industri kreatif, jasa dan sektor lainnya,” paparnya.

Adapun prosedur dan persyaratan terbang ke Malaysia yang perlu diperhatikan menurut Danang para calon penumpang adalah mereka diwajibkan mengunduh dan melakukan registrasi di aplikasi MySejahtera lalu mengisi Pre-Departure Form atau Traveler Card dan membuat verifikasi vaksin di aplikasi MySejahtera.

“Wisatawan yang sudah divaksinasi lengkap dan anak-anak berumur 12 tahun ke bawah, tidak perlu
melakukan tes RT-PCR sebelum berangkat dan tes RDT-Antingen saat tiba di Malaysia. Selain itu, tidak diwajibkan mempunyai asuransi perjalanan Covid-19,” tukas Danang.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang berstatus vaksinasi tidak lengkap atau belum melakukan vaksinasi maka berlaku aturan dimana bagi penumpang usia 17 tahun kebawah yang belum melakukan vaksinasi lengkap atau belum divaksin maka wajib melakukan tes RT-PCR, 2 hari sebelum keberangkatan dan melakukan tes RDT-Antigen saat tiba di Malaysia dalam waktu 24 jam.

“Kalau untuk calon penumpang usia 18 tahun keatas yang belum divaksin lengkap atau tidak divaksin, wajibb tes RT-PCR, 2 hari sebelum keberangkatan, lalu tes RDT-Antigen saat tiba di Malaysia dalam waktu 24 jam dan wajib karantina selama 5 hari,” pungkas Danang.

(bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.