Thursday, April 18, 2024
HomeGagasanMengenang Kepergian Buya Hamka (Selesai): Sastrawan dan Ulama Itu Wafat di Hari...

Mengenang Kepergian Buya Hamka (Selesai): Sastrawan dan Ulama Itu Wafat di Hari dan Bulan Baik

Bangsa Indonesia merasakan duka mendalam atas wafatnya Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Hamka, tanggal 24 Juli 1981 di usia 73 tahun. Hamka adalah sastrawan besar Indonesia, sekaligus ulama, ahli filsafat, dan aktivis politik. Ia baru dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia setelah dikeluarkannya Keppres No. 113/TK/Tahun 2011 pada tanggal 9 November 2011.

Hari ini, Jumat, tanggal 24 Juli 2020, sebagai bangsa yang selalu mengenang jasa-jasa tokoh-tokoh bangsanya, kita pun ingin sekali membalik jarum jam sejarah agar generasi muda ikut mengetahui perjuangan panjang yang dilakukan tokoh-tokohnya. Minimal sebagai suri tauladan, agar jejak mereka selalu diikuti. Sekaligus memacu semangat mereka untuk lebih banyak berkarya. Hanya dengan sebuah karya, kita bisa menunjukkan eksistensi sebagai bangsa berbudaya.

“Maha Suci Allah Yang ditangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Q.S. Al-Mulk: 1-2)

Tanggal 24 Juli 1981, saat Hamka meninggalkan alam fana ini, umat Islam Indonesia sedang berpuasa. Bulan baik. Hamka meninggal dunia setelah dirawat sejak 18 Juli 1981 di RS Pertamina, Jakarta. Beliau menderita sakit jantung, radang paru-paru dan gangguan pembuluh darah. Akhirnya sastrawan dan ulama besar itu meninggal dunia pada hari Jumat, hari baik, pukul 10.40 WIB setelah mencapai usia 73 tahun lebih.

Untuk menggambarkan suasana waktu itu, saya mencoba mencuplik keseluruhan tulisan O’Galelano, yang saya anggap sangat menarik di Harian ” Pelita.” Hingga hari ini saya tidak tahu siapakah O’Galelano, apakah itu nama samarannya atau nama sebenarnya. Yang jelas tulisannya mampu menghanyutkan kita ke suasana tanggal 24 Juli 1981, suasana duka, di mana bolamata-bolamata penganggumnya, anak muridnya, teman, kerabat, memerah menahan kesedihan.

“Udara Jakarta, sudah dua hari menjelang Jumat, memang sesekali dibasahi oleh siraman sekejap dari renyai hujan. Awan gemawan sesekali menjulurkan tatapannya ke bawah dari lazuardi ibukota. Sebelumnya, jarang Jakarta disentuh oleh hujan. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka), ulama terkemuka, pujangga, sastrawan yang membuat pembacanya melinangkan airmata, kala mereka menyimak novel religiusnya, Profesor dan Dr., yang karyanya dibaca di dunia Islam itu, sudah masuk ICU RS Pertamina, Jumat pagi 18 Juli 1981. Udara Jakarta yang panas mendenyit ubun, sejak Rabu dan Kamis, sesekali disentuh basah hujan. Seolah komponen jagat raya ini melirik, ulama besar itu dalam persiapannya untuk perjalanan yang abadi.

Ketika warga kota terlebih muslimin-muslimah memperoleh berita pagi oleh koran, bahwa Buya Hamka dalam keadaan kritis, mereka mendekap radio, untuk mendengarkan lebih lanjut kabar kesehatan beliau. Menjelang shalat Jumat, hujan tercurah di ibukota. Seolah hanya Jakarta yang dibasahi, karena benderang langit sekitar Jakarta tak berawan gelap. Jemaah Shalat Jumat di masjid mulai terisak tatkala panitia mengumumkan bahwa Buya Hamka, telah pergi tadi siang pukul 10.30 WIB. Seluruh Jakarta, dalam jutaan doa umat Islam, agaknya telah menghunjam di belantara alam. Jumat itu, masjid-mesjid Jakarta mengadakan shalat ghaib.

Bukan shalat ghaib yang ingin kita catat. Walaupun dalam duka yang merambat jutaan kalbu umat, hal itu memang penting. Namun bola mata-bola mata mereka yang shalat ghaib, yang meneteskan air mata dan isak, ketika menyeru Allah. Mereka tergoyah tubuhnya oleh isak dalam shalat. Doa mereka adalah doa yang diajukan dengan derai air mata: “Ya, Rabbi, terimalah pemimpin, guru, imam dan ayah kami ini di sisi Mu. Di rumahnya yang baru dibenah, dengan warna putih yang dominan suara dan tangis yang emosional hadir di mana-mana. Rusydi, puteranya yang tertua, yang telah lama dipersiapkan untuk melanjutkan penanya, berkata jelas, walaupun kesedihan menamparnya dahsyat: “Lanjutkan silaturrahmi ayah kami, kepada kami putera-puterinya di rumah ini. Kita yang berkumpul di sini adalah sahabat ayah, murid ayah, para menteri dan ulama, anak-anak rohani ayah kami.” Begitu kata Rusydi, yang sekarang agaknya meresa sepi meneruskan Majalah “Panji Mayarakat,” yang dibina ayahnya itu.

Di tengah jenazah ulama besar itu di rumahnya di Jalan Fatah III No. 1, banyak bergemaratak ucap dan doa yang penuh emosi. Sampai-sampai suasana di rumah ini mirip bagaikan jenazah para pejuang Palestina. Orang berhimpitan, berdesakan. Yang menteri, yang ulama, yang pemuda, yang ibu, yang gadis. Seorang lelaki meronta berteriak karena dilarang mendekat jenazah. Dia berteriak dengan tangis agar kiranya diperkenankan melihat wajah Buya terakhir kali.

Di dalam Masjid Agung Al-Azhar saat jenazah akan disembahyangkan, tidak urung takbir dengan suasana hati syarat emosi masih mengumandang. Masing-masing orang agaknya ingin berarti di dekat jenazah orang yang disayanginya. Hamka memang, bapak rohani yang hilang dini. Dan orang terpana, syarat emosi.

Rasanya menyayat sembilu hati kita, melihat seorang gadis kecil yang terjepit di antara desakan orang melongokkan kepalanya dan mengarahkan matanya yang berlinang, dengan isak yang tertahan. Ketika iringan jenazah lewat rumahnya. Pemandangan yang membiaskan rupa lain dari gambar diri ulama terkemuka ini. Banyak orang yang ingin menyentuh jenazah Buya, dan dalam kerumunan, himpitan dan dempetan, hal seperti ini memang ikut membuat suasana duka meningkat kepada “semangat dan api rohani.”

Ketika para pengantar bergegas meninggalkan Pemakaman Tanah Kusir, Jakarta Selatan, di arah barat bayang Asar yang menepi. Udara dan langit di atas makam, kembali duka. Awan gelap mulai menjulurkan nestapa. Sesudah itu hujan menyiram bumi merah. Telah agak lama usia Buya Hamka tersita di ibukota ini. Di mimbar khotbah, di halaman buku, koran, majalah. Buya barangkali adalah warga ibu kota yang selalu dengan putih hati berusaha menyapunya dengan nasihat yang mendinginkan.

Kalau saja gemawan dapat jelas berbisik pada kita, barangkali siraman hujan adalah pertanda, alangkah indahnya keberangkatan Buya. Di tahun, di bulan, di hari-hari yang penuh indah. Maka pantaslah kita bergembira, walaupun nestapa menindih kita, seperti kata pisah keluarga yang dibawakan Buya Malik Ahmad. “Selama hayatnya, Hamka memang adalah ekspresi keindahan.”

*Selanjutnya penjelasan tentang Pemakaman Almarhum Buya Hamka”, tulisan Bapak Rusydi Hamka, “Panji Masyarakat” Nomor 332, halaman 9-11 :*

“24 Juli 1981. Waktu zuhur telah tiba; azan Shalat Jumat di Al-Azhar siap berkumandang. Kaum keluarga di bawah pimpinan Dahlan AS (menantu Abdul Kudus Amrullah) mengadakan shalat jamaah pula di rumah. Turut dalam jamaah itu antara lain Bapak Ir. Azwar Anas (Gubemur Sumatera Barat), dan Bapak AR Baswedan yang baru datang dari Yogyakarta. Selesai Shalat Jumat, hujan turun dengan lebat sekali.

Faisal Tamim datang memberitahukan bahwa tanah pekuburan sedang digali. Ia segera mengajak kawan-kawan dan adik-adik memandikan jenazah.

Sementara itu, tamu-tamu pun semakin banyak, rumah dan pekarangan di jalan Raden Patah penuh sesak. Sepanjang jalan penuh dengan mobil dan motor yang diparkir. Jenazah dibaringkan kembali untuk dikafani dan memenuhi permintaan keluarga yang belum sempat melihat wajah yang terakhir, kami mempersilakan mereka itu melihat.

Awalnya, kami bermaksud hendak membawa jenazah ke Masjid AI-Azhar untuk dishalatkan, dan diadakan sekadar upacara pelepasan, di mana atas nama keluarga, saya menyatakan terima kasih. Menko Kesra Surono, atas nama pemerintah dan Departemen Hankam, direncanakan melepas almarhum, bersama-sama Syaikh Ali Mochtar selaku wakil dari Rabithah Alam Islami.

Tiba-tiba ada telepon dari Sekretariat Negara bahwa Presiden Soeharto akan datang, dan meminta izin agar beliau melihat wajah Buya Hamka untuk terakhir kalinya. Kami semua terharu mendengar permintaan Kepala Negara itu. Tak lama kemudian lampu-lampu kamera televisi dan juru foto menerangi ruangan. Presiden berdiri di antara menteri-menteri lain yang sudah lebih dulu hadir, yaitu Menko Kesra Surono, Menteri Dalam Negeri H. Amir Machmud, Menteri Agama Alamsyah, Menteri Urusan Pemuda Abdul Gafur, dan Menteri Urusan Wanita Lasiyah Sutanto.

Presiden hanya sejenak membaca doa dan tertegun menatap jenazah dengan wajah murung. Sedikit ucapan beliau sampaikan pada keluarga agar tabah. Beliau keluar tanpa pengawalan resmi, sehingga orang ramai banyak yang tidak tahu Presiden berada di tengah mereka.

Telepon datang lagi, kali ini dari Wakil Presiden, memohon supaya jenazah jangan ditutup dahulu, apatah lagi beliau sudah dalam perjalanan menuju rumah duka. Kurang lebih pukul 14.00, Wakil Presiden bersama Ibu Nelly Adam Malik tiba. Di belakangnya turut Menteri Emil Salim, Menteri Harun Zein yang paginya juga tampak di rumah sakit bersama Menhamkam M. Yusuf. Wakil Presiden membuka Al-Quran kecil dan membaca surat Yaasin. Beberapa menit kemudian beliau meninggalkan ruangan.

Jenazah pun ditutup dan segera dimasukkan ke dalam usungan untuk dibawa ke masjid Al-Azhar. Untuk menshalatkan di rumah sudah tak mungkin lagi, karena ruangan telah penuh sesak. Pelayat-pelayat juga sulit untuk diatur.

Rupanya Masjid Al-Azhar pun telah penuh. Semua orang ingin turut menggotong jenazah. Mereka berebutan, bahkan ada yang kena sikut, terinjak-injak. Saudara Lukman Harun yang melihat situasi itu bakal menimbulkan histeri, sontak mengomandokan takbir. Allahu Akbar! Beramai-ramai para pelayat mengikuti pekik takbir. Sulit juga mengatur jamaah yang memadati bagian atas masjid, karena mereka mendesak ke muka.

Alhamdulillah, akhirnya shalat jenazah bisa juga dilangsungkan dengan Imam K.H. Hasan Basri, dan pembaca doa oleh KH Abdullah Syafi’i. Tanpa pidato-pidato lagi, kemudian jenazah dibawa ke Tanah Kusir.

Di sepanjang jalan masyarakat berdiri menyaksikan iring-iringan jenazah. Lalu lintas dari jalan Sisingamangaraja sampai Tanah Kusir terhenti, dan iring-iringan jenazah berjalan lambat.

Gubernur DKI Jakarta, Tjokropranolo menanti dan memimpin penggalian kuburan. Sekitar pukul 16.00 jenazah dikebumikan putra-putra almarhum. Zaki (putra sulung almarhum), dan saya, dibantu oleh orang yang tak kami kenal, memasukkan jenazah ke liang lahad. Setelah ditimbuni dan dilepas dengan pidato dari Buya Malik Akhmad (murid almarhum yang tertua), Menteri Agama Alamsyah dan doa Kanda E.Z. Muttaqin, upacara pun berakhir. Akan tetapi, ribuan orang masih berdiri di pemakaman. Saat yang sama, awan hitam di langit. Semakin menunjukkan tanda-tanda bakal turunnya hujan lebat.

Pesan dari Sumbar

Azwar Anas, Gubernur Sumatra Barat, yang tahu-tahu muncul di jalan Raden Patah tak lama setelah tibanya jenazah dari rumah sakit bertanya kepada saya. “Apakah Buya tidak berwasiat untuk dikubur di tanah kelahirannya di Padang atau Maninjau?”

Saya jawab bahwa saya dan kami semua tidak pernah mendengar wasiat itu. Dulu tatkala Ummi meninggal, dan dimakamkan di Taman Pekuburan Blok P Kebayoran, almarhum ingin dikuburkan di sebelah Ummi. Sampai di situ disediakan tanah pekuburan Ayah.

“Tapi karena pekuburan Blok P telah ditutup, Gubernur DKI Tjokropranolo menjanjikan lewat Faishal Tamim akan memindahkan kuburan Ummi ke Tanah Kusir di sebelah Ayah. Dan kami menerima saran Gubernur itu,” jelas saya pada Pak Azwar Anas.

Pak Azwar masih meminta kepada keluarga sebagai Kepala Pemerintah Sumatra Barat dan atas nama rakyat di sana.

Dengan menyatakan terima kasih, saya pun meyakinkan Pak Azwar bahwa jauh lebih baik kita segera saja membawanya ke Tanah Kusir, karena Pemerintah DKI dan masyarakat Jakarta pun adalah pencinta almarhum. Marilah kita sama-sama berdoa dan melanjutkan perjuangan beliau. Pak Azwar Anas, salah seorang yang saya tahu menganggap almarhum sebagai gurunya, tampak berlinang air mata.
Beberapa orang ibu-ibu dari jamaah pengajian Masjid Istiqlal tatkala di rumah sakit menemui saya. Mereka memohon kesediaan keluarga untuk menyemayamkan jenazah Buya beberapa waktu di masjid yang megah itu. Demi memberikan kesempatan pada umat untuk melepaskan kepergian almarhum untuk selama-lamanya.

Kepada ibu-ibu itu pun saya mohon pengertian bahwa yang terbaik kita lakukan ialah segera membawanya ke tempatnya yang terakhir menemui Allah yang memanggilnya. Ibu itu memahami jawaban saya meskipun mereka menitikkan airmata kecewa.

Ketika mendampingi Menteri Agama Alamsyah duduk di bagian belakang rumah, tiba-tiba datang seorang pemuda. Katanya, atas nama perantau Minang di Jakarta mereka memohon agar kuburan Buya bersebelahan dengan Bung Hatta. Pemuda itu sengaja mengajukan usul dengan suara dikeras-keraskan. Mungkin maksudnya agar didengar oleh Bapak-Bapak Menteri.

Lalu saya jawab dengan suara yang agak keras pula dengan mengulang ucapan Pak Natsir di rumah sakit, “Tidak usahlah macam-macam, kita tahu di mana tempat yang layak bagi almarhum Bung Hatta, dan kita pun tahu tempat yang layak bagi Buya Hamka.”

Pemuda itu mengundurkan diri, tapi saya tak lupa menjabat tangan pemuda itu dengan mengucapkan terima kasih dan maaf yang sebesar-besarnya.

 

DASMAN DJAMALUDDIN

Sejarawan dan Jurnalis Senior

RELATED ARTICLES

Most Popular