Wednesday, April 17, 2024
HomeEkonomikaMengenal Profesi Flight Operation Officer Dalam Dunia Penerbangan

Mengenal Profesi Flight Operation Officer Dalam Dunia Penerbangan

Seorang calon Flight Operation Officer atau FOO tengah berlatih di Lion Group Training Center beberapa waktu lalu. (foto: lion group)

SURABAYA – Dalam dunia penerbangan bisa jadi publik hanya familiar dengan dua pekerjaan utama yang terkait dengannya yakni pilot dan pramugari. Padahal ada banyak pekerjaan yang berkaitan dengan dunia penerbangan meskipun jarang disorot dan dikenal publik. Salah satu dari sekian banyak pekerjaan berkaitan dengan penerbangan yang jarang tersorot itu adalah flight operation officer (FOO). Apa itu FOO, seberapa menarik dan pentingnya profesi FOO itu?

Untuk menjawab beragam pertanyaan terkait FOO itu, tim media ini mewawancarai Corporate Communications Strategic dari Lion Group, Danang Mandala Prihantoro. Menurut Danang, FOO adalah orang yang bertugas untuk mengendalikan operasional penerbangan, bekerja sama dengan pilot, pramugari/pramugara, teknisi dan unit pendukung lainnya.

Jika demikian, apa saja tugas FOO itu? Danang menjelaskan bahwa tugas seorang FOO adalah menyiapkan rencana penerbangan, termasuk menghitung performa pesawat, keseimbangan pesawat, kebutuhan bahan bakar, rute penerbangan dan alternatif pendaratan.

“Selain itu, tugas FOO adalah mengumpulkan dan menganalisis informasi penerbangan yang relevan, seperti data cuaca, NOTAM atau Notice to Airman, dan standar keselamatan atau keamanan,” ujar Danang pada media ini beberapa waktu lalu.

Tak berhenti di situ saja, tugas FOO berikutnya, lanjut Danang, adalah menyediakan laporan dan dokumentasi penerbangan, termasuk menandatangani dispatch release bersama pilot sebagai tanda bahwa rencana penerbangan telah aman, ekonomis dan nyaman. “Dispatch release¬†adalah dokumen yang menunjukkan bahwa rencana penerbangan pilot, rute, dan pesawat telah siap dioperasikan.¬†Dispatch release merupakan salah satu syarat mendapatkan izin terbang dari otoritas penerbangan” papar Danang.

Selain itu, tugas seorang FOO, lanjut Danang, adalah menginformasikan setiap perubahan yang berpengaruh pada keselamatan penerbangan, seperti perubahan cuaca, rute atau jadwal, kepada pilot dan pihak terkait; serta memberikan masukan atau rekomendasi kepada pilot atas kelayakan terbang pesawat, serta merespons dan analisis situasi darurat.

“FOO memiliki peran yang sangat vital dalam menjamin keselamatan, kenyamanan, efisiensi dan ketepatan waktu penerbangan. FOO harus memiliki keterampilan dan pengetahuan tinggi serta kemampuan membuat keputusan bijak, identifikasi risiko dan bertindak cepat. Inilah alasan kenapa FOO merupakan salah satu profesi menarik dan menantang di penerbangan,” tukas Danang.

Menurut Danang, profesi FOO merupakan profesi yang menarik dan menantang di dunia penerbangan, karena membutuhkan keterampilan dan pengetahuan tinggi. Oleh karena itu, lanjutnya, pihak Lion Group Training Center menyediakan program pendidikan dan pelatihan FOO berkualitas dan terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Program pendidikan dan pelatihan FOO di Lion Group Training Center memiliki kurikulum menurut standar internasional dan disesuaikan kebutuhan industri penerbangan. Program ini dilengkapi fasilitas serta peralatan modern dan canggih, seperti simulator penerbangan (Dispatch Simulation), laboratorium komputer dan ruang kelas nyaman dan didukung oleh tenaga pengajar berpengalaman dan kompeten di bidangnya,” paparnya.

Karena itu, lanjut Danang, pihak Lion Group Training Center mengundang para calon yang berminat untuk bergabung dalam program pendidikan dan pelatihan FOO.

“Menjadi seorang FOO terlatih, individu dapat memberikan kontribusi positif pada keselamatan dan efisiensi operasional dalam industri penerbangan,” pungkas Danang.

(rils/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular