Berita Terpercaya Tajam Terkini

LAZISKU Sumut Bantu Warga Pinggiran Kota dan Keluarga Santri Tahfiz

0
Bariah seorang warga pinggiran sungai yang merupakan salah satu penerima manfaat program sosial Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Kemandirian Umat (LAZISKU) Sumatra Utara. Ia berterima kasih atas bantuan donatur LAZISKU dan mendoakan mereka agar lancar rezekinya. (foto: lazisku)

MEDAN – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Kemandirian Umat (LAZISKU) Sumatra Utara (Sumut) menyalurkan donasi untuk warga pinggiran kota Medan dan keluarga santri tahfiz.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 4-5 Mei 2022 tersebut, LAZISKU Sumut bekerja sama dengan Generasi Islam Inspiratif (GII) yang membina rumah tahfidz dan tahsin di Sumut.

Penyaluran donasi untuk warga pinggiran kota Medan dilaksanakan di dua lokasi. Yaitu untuk warga pinggiran sungai di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, dan warga pinggir rel Glugur By Pass di Kelurahan Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat.

Menurut Manajer Fund Rising dan Program LAZISKU Sumut, Ahmad Daud, kondisi warga pinggiran kota ini sangat memprihatikan karena rentan terkena dampak banjir serta marginalisasi. Mereka umumnya berprofesi sebagai pekerja harian lepas, tukang botot (pencari barang bekas), buruh pabrik dan karyawan toko.

“LAZISKU Sumut berupaya meringankan beban kehidupan warga-warga tersebut,” ujar Ahmad Daud terkait kegiatan yang dilaksanakannya kepada cakrawarta.com, Jumat (6/5/2022).

Ahmad Daud lebih lanjut mengatakan, pihaknya akan terus berupaya menyentuh segenap kaum dhuafa fakir miskin, warga terdampak bencana dan marginalisasi.

Warga Berterima Kasih

Warga pinggiran kota Medan yang menerima bantuan dari LAZISKU Sumut berterima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Saat ini kami memungut barang bekas, untung sehari tak banyak. Yang penting bagi kami bisa bertahan hidup. Kami tak menyangka ada lembaga yang memperhatikan kami,” ungkap Adianto, pemungut barang bekas yang di Medan disebut dengan tukang bontot.

Sebagai ungkapan terima kasihnya, Adianto mendoakan semoga para donatur semakin banyak rezekinya.

Penerima bantuan lainnya, Bariah, warga pinggiran sungai, bersyukur menerima bantuan dari LAZISKU Sumut.

“Alhamdulillah atas bantuan LAZISKU Sumut dan para donatur. Kami serba salah hidup di pinggiran sungai ini. Kami paling rentan kalau sudah datang hujan. Kadang yang lebih seram kalau hujan dari gunung. Tiba-tiba banjir datang begitu saja hingga tak jarang harta kami yang tersisa hanya baju yang di badan. Harta yang lain pada hanyut,” cerita Bariah tentang kehidupan warga pinggir sungai.

Tapi umumnya warga pinggiran sungai juga berat untuk pindah, karena mahalnya harga rumah sekarang.

“Ya syukuri ajalah. Walau kami was-was juga kalau datang musim hujan,” imbuh Bariah.

Keluarga Santri Tahfidz

Adapun bantuan untuk keluarga santri tahfidz yang dhuafa, menurut Ahmad Daud diberikan dalam rangka menguatkan ghirah para keluarga yang telah menjadikan anaknya sebagai bagian dari “penjaga Al Quran”.

“Kiranya anak-anak santri tahfidz jadi para pewaris nabi,” harap Ahmad Daud.

Ketua GII Sumut, Ferry Dermawan merasa senang karena keluarga santri tahfidz yang dibina menjadi penerima manfaat para donatur LAZISKU Sumut.

“Santri Tahsin dan Tahfidz GII memang berasal dari warga sekitar rumah tahfidz. Harapan kami keberadaan santri ini bisa mewarnai keislaman lingkungan sekitar,” jelas Ketua GII Sumut, Ferry Dermawan.

Ke depannya Ketua GII Sumut, Ferry Dermawan siap bersinergi dan berkolaborasi terus dengan LAZISKU Sumut.

Ajak Berdonasi

Ahmad Daud mengajak umat Islam untuk ikut berdonasi, mengingat masih banyak pihakyang perlu dibantu. Bagi para donatur yang ingin berpartisipasi mendukung program LAZISKU Sumut, Ahmad Daud mempersilakan kalau mau singgah ke sekretariat Jalan DR Mansyur Nomor 175, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

“Bisa juga menyalurkan donasi zakat, infaq dan sedekahnya langsung melalui rekening Bank Syariah Indonesia 73738989 a.n LazisKu Sumut atau mengubungi kontak informasi 085361066092,” pungkasnya.

(ahmad/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.