Wednesday, February 28, 2024
HomePendidikanKolaboratif, ADPRC-OHCC Unair dan Unud Luncurkan Buku dan Hadirkan Story Telling Untuk...

Kolaboratif, ADPRC-OHCC Unair dan Unud Luncurkan Buku dan Hadirkan Story Telling Untuk Edukasi Anak-Anak

Koordinator ADPRC-OHCC Unair, Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam, drh. diitemani Koordinator OHCC Universitas Udayana, Prof. Dr. dr Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp. MK (K) memukul bass tanda launching buku dan story telling terkait perlindungan satwa liar dimulai di SDN Kalisari II Surabaya, Selasa (19/12/2023). (foto: rafat)

SURABAYA – Dalam upaya memberikan edukasi dan sekaligus bentuk upaya perlindungan satwa liar sejak usia dini, Airlangga Disease Prevention and Research Center-One Health Collaboration Center (ADPRC-OHCC) Universitas Airlangga (Unair) yang berkolaborasi dengan OHCC Universitas Udayana (Unud) Bali, menggelar acara peluncuran buku dan pembacaan cerita kepada siswa/i SDN Kalisari II Surabaya yang berjudul “Rumah Terbaik TungTung si Lutung Jawa”.

Acara dimulai sejak 07.30 WIB dengan sesi registrasi, bagi para siswa dan tamu undangan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai rasa hormat bagi bangsa dan negara terutama di momen Hari Bela Negara, Selasa (19/12/2023).

Dalam sambutannya, Koordinator ADPRC-OHCC Unair, Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam, drh mengatakan bahwa proyek kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk terbaik untuk memberikan edukasi kepada siswa/i mengenai perlindungan satwa liar, khususnya Lutung Jawa.

“Lutung Jawa sendiri merupakan salah satu hewan asli Jawa Timur yang terancam punah dan dilindungi keberadaannya oleh Balai Konservasi Hewan,” ucap Prof. Fedik mengawali sambutannya.

Prof. Fedik berharap dengan terselenggaranya acara ini dapat memicu semangat siswa/i untuk menjadi dokter hewan atau pegawai balai konservasi di masa depan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan cerita (story telling) yang dibawakan oleh Novita Rully Anggraeny, S.Hum., M.Pd dari Dinas Perpustakan dan Kearsipan Surabaya. Kegiatan pembacaan cerita dengan alat peraga boneka nampak begitu memunculkan antusiasme siswa/i SDN Kalisari II yang hadir. Apalagi sesi ini diakhiri dengan dengan pembagian buku cerita anak serta sesi foto bersama.

Story Telling oleh Novita Rully Anggraeny, S.Hum., M.Pd dari Dinas Perpustakan dan Kearsipan Surabaya dengan boneka andalannya membuat anak-anak SDN Kalisari II Surabaya begitu senang dan antusias. (foto: rafat)

“Saya senang, anak-anak sangat antusias dan gembira menyimak pembacaan ceritanya. Ini bentuk edukasi yang bisa dikatakan ramah anak. Semoga ke depan mereka mampu menjadi generasi penerus yang peduli akan satwa liar dan kesehatannya,” ujar Novita.

Sementara itu, menurut Koordinator OHAWE Regional Jawa Timur, Lailatul Magfiroh, drh., M.Si., Lutung Jawa sendiri dapat menyebarkan penyakit zoonosis seperti tuberculosis, rabies, dan hepatitis.

“Karena itu, harapan kami melalui pendekatan one health, siswa dan siswi dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian hewan liar,’’ ucap Lailatul Magfiroh pada media ini seusai acara.

Sesi foto bersama antara ADPRC-OHCC Unair dan Udayana, OHAWE Jatim, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya dengan Kepala, Guru dan Siswa/i SDN Kalisari II Surabaya, Selasa (19/12/2023). (foto: rafat)

Untuk diketahui, peluncuran buku dan pembacaan cerita ini dihadiri oleh Koordinator ADPRC-OHCC Unair, Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam, drh., serta Koordinator OHCC Universitas Udayana Bali, Prof. Dr. dr Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp. MK (K). Acara dibuka dengan sambutan kemudian dilanjutkan dengan pemukulan bass dan pemberian buku cerita secara simbolis oleh  Prof. Fedik dan Prof. Sri kepada Kepala SDN Kalisari II Surabaya, siswa/i SDN Kalisari II Surabaya dan Kepala Bidang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya.

(rafat/rafel)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular