Berita Terpercaya Tajam Terkini

Kasus Omicron Meningkat, Ini Pendapat Epidemiolog Unair

0
Kasus Omicron Meningkat, Ini Kata Epidemiolog Unair
ilustrasi. (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Selasa (11/1/2022) Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi memprediksi puncak kasus Covid-19 di Indonesia akan terjadi pada awal hingga pertengahan Februari 2022. Lonjakan kasus itu bahkan diprediksi bisa mencapai 60 ribu kasus dalam sehari oleh Nadia.

Berdasarkan data resmi Kemenkes RI per Jumat (14/1/2022) kasus varian omicron di Indonesia mencapai 572 orang. Menanggapi hal tersebut, pakar epidemiologi Universitas Airlangga Laura Navika Yamani, Ph.D mengatakan bahwa mitigasi pemerintah terkait perkembangan Covid-19 sudah lebih baik dibandingkan saat menghadapi lonjakan kasus varian Delta.

“Tentunya kita berharap dari prediksi pemerintah tersebut diimbangi dengan upaya dan strategi dalam menghadapi kemungkinan terburuk kasus lonjakan varian omicron yang benar-benar real. Karena prediksi itu bisa terjadi bisa tidak. Seperti saat memprediksi bahwa kasus Covid-19 akan melandai saat awal-awal pandemi ternyata tidak terjadi. Jadi selama persiapan pemerintah matang dalam menghadapi the worst case ya bagus,” ujar Laura kepada cakrawarta.com, Sabtu (15/1/2022) pagi.

Alumnus Kobe University Jepang itu menambahkan varian omicron memang memiliki daya tular tinggi dibandingkan varian Delta, walaupun sampai sekarang penelitian yang ada dan termutakhir menunjukkan bahwa omicron memiliki tingkat keparahan lebih rendah dibandingkan Delta.

“Jadi fenomena ini bisa dibaca memang resiko orang yang bakal dirawat akan naik juga tetapi tentu harapannya kondisinya berbeda dibandingkan Juli-Agustus 2021 lalu. Karena disini saya melihat pemerintah sudah siap maka tinggal masyarakat tidak mengendorkan penerapan protokol kesehatan meskipun sudah vaksin lengkap. Jadi kuncinya di persiapan matang pemerintah dan kewaspadaan masyarakat dengan prokes. Ada kolaborasi. Ada sinergi. Ini saya kira kuncinya,” kata Laura mengakhiri pernyataannya.

(bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.