Berita Terpercaya Tajam Terkini

Harga Tiket Pesawat Kian Mahal, YLKI: Kemenhub Harus Adakan Audit Soal TBA!

0

JAKARTA – Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) harus melakukan pengetatan pengawasan terhadap maskapai penerbangan. Pasalnya, banyak konsumen jasa penerbangan yang menjerit karena harga tiket pesawat mahal, bahkan dinilai sangat mahal.

“Terkait hal ini, Kemenhub bisa meningkatkan pengawasan terhadap maskapai, bahkan kalau perlu audit; untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran thd ketentuan Tarif Batas Atas (TBA),” ujar Tulus Abadi dalam keterangannya kepada media, Minggu (12/6/2022).

Hal tersebut urgen karena, masih menurut Tulus Abadi, saat ini ada kebijakan baru untuk maskapai yaitu fuel surcharge, seiring dengan melambungnya harga avtur dunia.

Tulus menilai, indikasi dan potensi adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh maskapai penerbangan saat ini sangatlah besar.

“Potensi tersebut seiring sejalan dengan naiknya permintaan perjalanan konsumen dengan moda transportasi udara dikarenakan ada pelonggaran aturan penerbangan,” imbuh Tulus.

Selain itu, Tulus meminta agar pihak Kemenhub memberikan deseminasi atau sosialisasi kepada publik khususnya konsumen terkait fenomena global yang berdampak terhadap sektor transportasi, khususnya transportasi udara.

(bm/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.