Berita Terpercaya Tajam Terkini

Final Thomas Cup 2022: Juara Bertahan Indonesia vs India Yang Mengejutkan

0
Tunggal putra Indonesia Jonathan Christie dan tunggal putra India Kidambi Srikanth. Keduanya diprediksi akan menjadi bintang pada laga final Piala Thomas 2022 di Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022) antara Indonesia melawan India. 

SURABAYA – Indonesia kembali masuk final Piala Thomas 2022. Pada perhelatan sebelumnya Indonesia menggenapi gelar Piala Thomas menjadi 14 setelah mengandaskan asa China 3-0 pada laga final di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) lalu.

Tahun 2022 ini, setelah mengandaskan asa tim Thomas Jepang dengan angka dramatis, 3-2, Indonesia akan menghadapi tim yang berhasil pecah rekor yaitu India. Negeri Bollywood itu secara mengejutkan lolos semifinal bahkan final Piala Thomas setelah 43 tahun lamanya menunggu.

Laga final Piala Thomas 2022 Indonesia melawan India akan berlangsung, Minggu (15/5/2022) besok pukul 13.00 WIB. Bagaimana peluang Indonesia tahun ini? Bisakah Indonesia sebagai juara bertahan mampu membawa Piala Thomas dan melengkapi raihan menjadi 15 gelar sepanjang sejarah?

Perjalanan Indonesia: Penampilan Ginting Jadi Sorotan

Menurut data, Indonesia akan menurunkan skuad terbaiknya pada laga final besok. Mari kita lihat bagaimana kiprah kedua tim baik dari Indonesia dan India sejak pertandingan pertama hingga hingga semifinal kemarin.

Indonesia masuk grup A bersama Singapura, Thailand dan Korea Selatan. Pada laga awal tim Thomas Indonesia mampu mengandaskan asa negeri jiran Singapura dengan skor 4-1. Pada pertandingan ini justru penampilan Anthony Sinisuka Ginting menjadi sorotan. Indonesia kehilangan poin pertama setelah Ginting ditekuk tunggal Singapura Loh Kean Yew dua set langsung, 13-21 dan 14-21.

Penampilan Ginting kembali menjadi sorotan saat tim Thomas Indonesia melawan tim negeri gajah putih Thailand. Lagi-lagi, sebagai pembuka laga, Ginting ditekuk tunggal Thailand Kunlavut Vitidsarn, meskipun kali ini dalam 3 set, 12-21; 21-15 dan 9-21. Beruntung Indonesia mampu mengatasi perlawanan Thailand dan menyudahi laga dengan kemenangan meyakinkan 4-1.

Saat laga penentuan juara dan runner up grup, Indonesia dihadapkan pada tim Thomas Korea Selatan. Disini, lagi-lagi Ginting belum mampu menyumbang satu pun poin untuk Indonesia. Melawan tunggal negeri Ginseng Heo Kwang Hee, Ginting ditekuk dalam 3 set 16-21; 21-15 dan 14-21. Meskipun kemudian Indonesia mampu menaklukkan negeri K-pop itu dengan skor dramatis 3-2 dimana tunggal ketiga Syabda Perkasa Belawa menjadi pahlawan setelah mengandaskan asa tunggal Korea Selatan Lee Yun Gyu dalam 3 set 21-14; 11-21 dan 21-16.

Pada pertandingan perempat final, Indonesia berhadapan dengan China. Sama persis dengan final Piala Thomas tahun lalu, pada perempat final kali ini, tim Thomas Indonesia kembali menaklukkan asa negeri Tirai Bambu itu dengan skor meyakinkan 3-0. Kali ini untuk pertama kalinya Ginting mampu menyumbangkan poin setelah mengalahkan tunggal China Zhao Junpeng dalam 3 set 21-12; 25-27 dan 21-17.

Laga semifinal Jumat (13/5/2022) semalam benar-benar luar biasa. Melawan Negeri Matahari Terbit Jepang, Ginting seolah menunjukkan kelasnya. Pertandingan yang dikenal dengan istilah MOMOGI antara Kento Momota dengan Anthony Sinisuka Ginting mampu dimenangkan secara dramatis dalam 3 set oleh Ginting dengan skor 21-13; 14-21 dan 21-12. Indonesia mampu menutup pertandingan dengan angka menegangkan 3-2 dimana tunggal Shesar Hiren Rhustavito menjadi pahlawan setelah mampu mengatasi tunggal Jepang Kodai Naraoka dalam 2 set langsung dan angkanya sangat meyakinkan 21-17 dan 21-11.

Perjalanan India: Penantian Panjang 43 Tahun

Pada perhelatan Thomas Cup 2022 ini, India berada di grup C bersama Jerman, Kanada dan Taiwan. India secara perkasa mencukur habis 5-0 tim Thomas Jerman dan Kanada dan ditaklukkan tim Thomas Taiwan 2-3.

Di perempat final secara mengejutkan India mampu mengatasi perlawanan Tim Thomas Malaysia dengan skor dramatis 3-2. Inilah rekor penantian panjang dalam 43 tahun terakhir dimana terakhir kali India lolos semifinal pada 1979 lalu.

Rekor tim Thomas India rupanya tidak berhenti di menyingkirkan Malaysia, namun dengan mengandaskan asa tim Thomas kuat asal Eropa, Denmark dengan skor 3-2 di babak semifinal dan menorehkan sejarah untuk pertama kalinya tim Thomas mereka lolos ke babak final.

Analisa: Indonesia Bisa Kalahkan India!

Melihat hasil pertandingan dari sejak babak grup dan pertandingan perempat final dan semifinal, maka kans Indonesia untuk membawa pulang kembali Piala Thomas untuk ke-15 kalinya sangat besar. Indonesia belum pernah kalah sejak babak grup sementara India mampu dikandaskan oleh Taiwan pada penentuan juara grup. Indonesia hanya perlu memperhatikan konsistensi tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan ekstra hati-hati dengan ganda putra terbaik India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Jika kedua faktor ini mampu dipegang dan tim Thomas Indonesia tetap tenang, maka pada laga final Minggu (15/5/2022) besok, Indonesia bisa mengalahkan tim Thomas India dan membawa pulang Piala Thomas. Semoga!

(tommy/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.