Berita Terpercaya Tajam Terkini

Dilantik Khofifah, IKA FISIP Unair Tekankan Digitalisasi Database Alumni

0
Pelantikan IKA FISIP Unair oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (berdiri di podium) di Gedung Grahadi, Surabaya, Sabtu (16/4/2022) malam. (foto: roffiqotul izzah/cakrawarta)

 

SURABAYA – IKA FISIP Unair ini akan menjadi rumah bersama bagi alumni, mahasiswa dan segenap civitas akademika. Program awal yang mendesak untuk dikerjakan adalah melakukan digitalisasi untuk memperkuat database ribuan alumni, yang tidak hanya terbesar di wilayah Indonesia, namun juga banyak yang bertugas di berbagai belahan dunia.

Setelah database alumni semakin rapi, berikutnya adalah menata jaringan agar bisa melahirkan sinergi alumni FISIP Unair antar angkatan dan antar program studi. Sebab, sejak angkatan pertama tahun 1977 hingga saat ini, tentunya ada gap dan kesenjangan yang harus dijembatani.

“IKA akan mengambil peranan itu. Kami ada 7 program studi yang alumninya kini banyak yang menjabat posisi penting, baik di pemerintahan, politik, BUMN, swasta maupun di dunia usaha,” ujar Ketua IKA FISIP UNAIR Andik Fadjar Tjahjono, usai acara pelantikan oleh Ketua Umum PP IKA Unair yang sekaligus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (16/4/2022).

Ditambahkannya, beberapa alumni FISIP Unair kini ada yang menjadi Duta Besar, Konsul Jenderal, Atase di beberapa negara. Mereka adalah alumni FISIP Unair lulusan program studi Hubungan International (HI). Selain itu ada juga yang menjadi Ketua Parpol, Ketua dan Anggota Dewan, Bupati, Walikota dan Gubernur.

“Gubernur Jawa Timur Ning Khofifah Indar Parawansa, adalah alumni Prodi Ilmu Politik FISIP Unair,” jelas Andik yang juga Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Nantinya, setelah sebagian besar alumni sudah terdata. Maka sinergi akan diperkuat. Jaringan akan semakin diperluas. Sehingga lulusan baru yang tengah mencari kerja atau meniti karir, mengetahui di mana kakak kakak angkatannya berada.

“Di era digital ini, sinergi adalah kunci untuk memenangkan persaingan. Kolaborasi akan menjadikan kita kompetitif,” tegas bapak dua anak ini.

(mud/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.