Berita Terpercaya Tajam Terkini

Daging Kurbanmu Masih Ada? Berikut Tips Memperlakukan Daging Kurban Di Momen Idul Adha

0
Daging Kurban Terkena PMK
ilustrasi. (foto: dompet dhuafa)

 

SURABAYA – Daging kurban adalah daging yang baik dan sehat. Sehingga harus dipastikan bahwa hewan kurban telah melewati proses screening antemortem dan postmortem untuk mengetahui daging aman dan terbebas dari patogen.

Dokter Hewan Ratih Novita Praja mengatakan bahwa jika hewan ternak terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini tengah merebak ternyata menurutnya masih dapat tetap dikurbankan. Namun perlu ada perlakuan khusus bagi daerah tubuh terlokalisasi yang terdampak.

“Apabila pada prosesnya terkena PMK, maka sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 32 tahun 2022 tentang hukum penyembelihan hewan kurban terinfeksi PMK. Hewan dengan kategori ringan dapat dikurbankan. Lain halnya dengan PMK kategori berat yang dilarang untuk dijadikan hewan kurban”, katanya pada media ini, Senin (11/7/2022).

Menurut Ratih, jika terdapat bagian karkas terkena patogen atau berupa lepuhan maupun lesi harus dipisahkan untuk selanjutnya dapat dipendam dan tidak boleh dibagikan. Untuk bagian jeroan, dokter hewan Universitas Airlangga tersebut menyarankan agar direbus terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada masyarakat. Hal tersebut untuk memastikan aman dari berbagai patogen yang mungkin terdapat di dalamnya.

“Bagian jeroan harus direbus minimal 30 menit sebelum dimasak,” sarannya.

Ratih meminta agar beberapa bagian tubuh harus dipisah dengan daging mulai dari proses pemotongan hingga distribusi. Hal tersebut untuk menghindari dari bercampurnya patogen.

“Kepala, kaki, jeroan, dan kulit harus dipisahkan dengan daging. Semuanya harus dilakukan dengan wadah tersendiri,” pesannya.

Penyelenggara penyembelihan kurban dihimbau untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam. Karena merupakan produk daur ulang yang berbahaya jika difungsikan sebagai sarana distribusi makanan.

“Daging harus ditaruh pada kantong plastik yang bening dan bukan hitam,” tuturnya.

Daging dapat segera disimpan di dalam kulkas untuk menghindari adanya patogen atau langsung dimasak. Namun ada teknik khusus yang perlu diperhatikan, yaitu daging tidak boleh dimasukkan langsung ke dalam freezer kulkas.

“Daging kurban dapat disimpan di dalam kulkas. Namun harus lewat chiller dahulu,” ucapnya mengakhiri keterangannya.

(pkip/bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.