Berita Terpercaya Tajam Terkini

Benarkah Kebijakan Bebas Karantina Dan Tes PCR Untuk MotoGP Mandalika?

0
ilustrasi kegiatan tes PCR. (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Sejak Senin (7/3/2022) lalu, pemerintah melaksanakan uji coba kebijakan pembebasan karantina bagi wisatawan asing yang hendak berlibur ke Pulau Bali. Bali sendiri merupakan destinasi atau pulau tujuan wisata yang memang dikenal luas secara internasional sehingga dijadikan sebagai pilot project untuk program bebas karantina lokasi wisata di Indonesia.  

Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh wisatawan asing yang ingin berlibur ke Bali yaitu telah melaksanakan vaksinasi lengkap atau booster.

“Pemberlakuan bebas karantina ini diharapkan akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan luar negeri ke Indonesia khususnya Bali. Sehingga ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk segera bangkit dari kondisi terburuk akibat pandemi Covid-19,” ujar pakar pariwisata Novianto Edi Suharno, Kamis (10/3/2022).

Namun, ada yang meyakini bahwa pembebasan karantina itu dalam rangka mendukung event MotoGP Mandalika di Lombok yang diselenggarakan di bulan Maret 2022 ini. Hal tersebut mengingat kebijakan pemberlakuan bebas karantina di Bali ini diikuti pula kebijakan pembebasan syarat tes antigen atu PCR swab untuk seluruh perjalanan darat, laut dan udara selama penumpang sudah vaksin minimal dosis dua untuk penerbangan domestik.

Menanggapi hal tersebut pengamat pariwisata asal Lombok, Taufan Rahmadi menilai bahwa hal tersebut merupakan suatu kebetulan saja. Taufan lebih melihat kebijakan yang diambil pemerintah bentuk program hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Yang paling tepat menurut saya bahwa pembebasan tes PCS misalnya merupakan daripada cara untuk kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Begitu kebijakannya. Untuk kita bisa beradaptasi. Nah, memang sekarang kan ada event MotoGP Mandalika yah kebetulan saja menurut saya,” ujar Taufan kepada cakrawarta.com, Kamis (10/3/2022) sore.

Karenanya, alumnus Hubungan Internasional Unair itu menegaskan bahwa kebijakan yang diambil pemerintah ini harus menjadi sebuah contoh untuk segera diberlakukan di daerah-daerah lain di Indonesia sehingga kesan hanya untuk penyelenggaraan motoGP semata akan terkikis dengan sendirinya. Apalagi khusus turis asing tes PCR tetap harus dilakukan walaupun mereka tak lagi karantina ketika memasuki Bali.

(pkip/bus/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.