Berita Terpercaya Tajam Terkini

Beli BBM Pakai MyPertamina, Pakar: Keniscayaan Tapi Pemerintah Harus Jamin Keandalan Aplikasinya!

0
Pakar Kebijakan Publik Universitas Airlangga Gitadi Tegas Supramudyo. Ia berpendapat bahwa pembelian BBM Bersubsidi memakai MyPertamina adalah keniscayaan tetapi tetap harus ada jaminan dari pemerintah tentang keandalan aplikasinya. (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Pakar Kebijakan Publik Gitadi Tegas Supramudyo menilai bahwa sistem pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jyang direncanakan pemerintah dengan memakai aplikasi MyPertamina merupakan sebuah keniscayaan yang harus disadari oleh masyarakat.

“(Pembelian memakai MyPertamina, red) suatu hal yang baik. Kan tujuannya agar BBM bersubsidi jenis solar dan pertalite menjadi lebih tepat sasaran,” ujar Gitadi, Kamis (23/6/2022).

Namun menurut Gitadi pemerintah harus memiliki design yang baik dan terintegrasi. Design yang dimaksud salah satunya yaitu memberi alternatif kepada masyarakat terkait pilihan pembayaran yang beragam dalam aplikasi MyPertamina itu sendiri.

“Sebagai pemilik pangsa pasar BBM terbesar dan keberadaan kompetitor yang belum kompetitif, mestinya hal itu mudah dan menjadi modal dasar yang sangat kuat untuk membangun aplikasi yang handal,” imbuhnya.

Pengajar di Universitas Airlangga tersebut menekankan perlunya masa sosialisasi yang panjang berkaitan dengan rencana kebijakan pemerintah tersebut mengingat masyarakat Indonesia perlu waktu lebih lama untuk terbiasa dengan suatu sistem pembelian baru.

“Selain itu, MyPertamina yang terlihat sejak awal kurang handal,” tegasnya.

Gitadi juga menyarankan adanya sanksi ketat bagi pelanggar sistem pembelian BBM yang baru ini.

“Adanya sanksi diharapkan dapat membangun kepatuhan masyarakat agar tujuan ketepatan sasaran dari BBM bersubsidi dapat tercapai,” pungkasnya.

(pkip/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.