Berita Terpercaya Tajam Terkini

Antri Panjang Di Pelabuhan Merak, YLKI: Terlihat Kemenhub dan ASDP Tak Antisipatif!

0
ilustrasi antrian panjang kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon Banten. (foto: istimewa)

 

JAKARTA – Mudik telah dimulai dalam beberapa hari terakhir. Puncaknya, Jumat dan Sabtu (20-30/4/2022) ini terlihat dimana telah terjadi kemacetan di sejumlah titik terutama di areal Tol Cipali hingga beberapa jam lamanya.

Terbaru adalah terjadinya antrian panjang di pelabuhan Merak, Banten. Pelabuhan Merak merupakan titik strategis yang kerapkali macet pada momen mudik.

“Terjadi antrian panjang di Pelabuhan. Crowded!” ujar Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi kepada media, Sabtu (30/4/2022).

Tulus menyayangkan betul saat mengetahui argumen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan pihak ASDP yang berdalih bahwa antrian panjang disebabkan konsumen beli tiket secara go show dan tidak secara online.

“Penjualan tiket secara online untuk Kapal Ferry penyeberangan, Ferizy, memang diberlakukan sejak 2020 lalu. Masalahnya kan tahun 2020 dan 2021 tidak ada mudik sehingga informasi mengenai pembelian tiket online ini minim,” tegas Tulus.

Oleh karena itu, seharusnya pihak Kemenhub dan pihak ASDP dapat mengantisipasi hal ini dengan melakukan sosialisasi kepada konsumen calon pemudik bahwa pembelian tiket dilakukan secara online dan tidak bisa beli secara go show lagi di pelabuhan.

“Banyaknya konsumen yang membeli tiket secara go show menunjukkan informasi mengenai pembelian tiket online tidak tersampaikan dengan baik kepada pemudik. Inilah sumber persoalannya, yakni adanya kurang antisipasi oleh ASDP dan Kemenhub,” pungkas Tulus.

(bm/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.