Berita Terpercaya Tajam Terkini

Aksi Humanis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Gendong Anak-Anak Sekolah Seberangi Sungai

0
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Wambes membantu anak-anak yang berangkat dan pulang sekolah menyeberangi sungai, bertempat di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (18/6/2022). (foto: istimewa)

 

KEEROM – Aksi humanis Tentara Nasional Indonesia (TNKI) rasanya tidak pernah habis. Apalagi ketika mengangkat kisah aksi humanis pasukan TNI di daerah-daerah terpencil dan daerah perbatasan Indonesia dengan negara luar.

Seperti aksi humanis sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak sekolah di daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini yang dilakukan pasukan TNI dari unsur Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Wambes membantu anak-anak yang berangkat dan pulang sekolah menyeberangi sungai, bertempat di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, pada hari ini, Sabtu (18/6/2022). Ini seolah menjadi kegiatan rutin harian mereka.

Terkait aksi humanis TNI tersebut, Danpos Wambes Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Yudha Eka Siregar menyampaikan kepada tim cakrawarta.com bahwa dipimpin dirinya dan dibantu 10 orang prajurit TNI lainnya membantu anak-anak SD Negeri Impres kampung Wambes menyeberangi sungai hendak pulang sekolah.

”Membantu menyeberangkan anak-anak ini demi dapat bersekolah dan selamat kembali ke rumah masing-masing. TNI Sebagai bagian dari masyarakat di tempat bertugas selalu mengedepankan kemanusiaan dan kepedulian. Apalagi anak-anak ini adalah generasi penerus bangsa yang nanti akan ikut memajukan perbatasan. Para siswa ini tak punya pilihan lain karena akses satu-satunya untuk berangkat dan kembali dari sekolah hanyalah sungai,” ungkap Letda Inf Yudha Eka Siregar.

TNI bertekad selalu menjawab kebutuhan masyarakat karena seolah menjadi kewajiban tersendiri dan telah lama terpatri dalam jiwa mereka.

“Apapun kesulitan rakyat kita, bagi TNI wajib hukumnya membantu,” tegas Letda Inf Yudha Eka Siregar.

Dalam pantauan tim cakrawarta.com, pada Sabtu (18/6/2022) siang ini, terlihat personel Satgas Pos Wambes menggendong anak-anak yang mau menyeberangi sungai pada saat pulang sekolah. Ternyata di wilayah Perbatasan RI-PNG di Papua masih dijumpai anak-anak mengalami kesulitan untuk bersekolah.

Dengan adanya bantuan dari TNI disambut gembira oleh anak-anak setiap harinya. Dengam cara menggendong Prajurit TNI membawa anak satu-persatu.

Terlihat kecerian wajah anak-anak tersebut, atas bantuan dari personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks dari Pos Wambes.

”Kami sangat senang membantu anak kecil itu dengan semangat karena kami melihat semangat juangnya untuk meraih cita cita. Itu membuat kami bangga akan anak bangsa indonesia ini. Walaupun jauh dari perkotaan tapi semangat juang mereka tidak ada batasnya,” ungkap Letda Inf Yudha Eka Siregar.

Demikian pula mendapat respon dari anak-anak yang dibantu menyeberangi sungai

“Terimakasih om tentara atas bantuannya,” ucap Kambay (11) salah satu anak tersebut yang kami temui.

Leave A Reply

Your email address will not be published.