Ucapan Menag Soal Pungutan Zakat Dibantah, Jokowi: Baru Wacana

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Padang-Pekanbaru Tahap 1 (Padang-Sicincin), Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018). (Foto: Intan/Setpres)

 

PADANG – Polemik terkait pemungutan zakat sebesar 2,5% yang disampaikan Menteri Agama (Menag) akhirnya ditanggapi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut mantan Walikota Solo itu, menyatakan bahwa ucapan Menag masih sebatas wacana dan belum dibicarakan di tingkat kabinet.

“Jadi, dalam rapat KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), yang kita bicarakan adalah yang berkaitan dengan keuangan syariah, bisnis syariah, dan ekonomi syariah,” ujar Jokowi di Lokasi Acara Groundbreaking Jalan Tol Padang–Pekanbaru Tahap I (Padang–Sicincin) dan Peresmian Padang Bypass Capacity Expansion Project di Jln. Padang Bypass Km. 25, Padang, Sumatra Barat, pada Jumat ( 9/2/2018).

Jokowi bahkan menambahkan bahwa dalam rapat tersebut sesungguhnya tak disinggung soal pengumpulan zakat yang dikhususkan melalui pungutan sukarela dari gaji aparatur sipil negara (ASN).

“Belum ada. Jadi masih wacana, belum ada rapatnya, belum ada rapat terbatasnya, belum ada keputusannya,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak terburu-buru memberikan penilaian terhadap wacana itu.

“Jangan dipolemikkan. Belum ada keputusan apa-apa kok,” tandasnya.

(bti)

author