Tingkatkan Ekonomi Warga, Desa Saukang di Sulawesi Adakan Pelatihan Budidaya Lele

Pelatihan Budidaya Ikan Lele yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (21/11/2019). (foto: awal)

 

SINJAI, SULAWESI SELATAN – Guna meningkatkan perekonomian warga, Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai melakukan komitmen bursa inovasi desa. Salah satunya, dengan mengadakan pelatihan budidaya ikan lele di kolam terpal.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Saukang, mengingat saat ini kebutuhan akan ikan di wilayah tersebut lumayan cukup tinggi, sehingga optimis kalau di Desa Saukang budidaya ikan lele ini akan maju dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kepala Desa Saukang Abd. Razak saat membuka kegiatan pelatihan tersebut mengatakan, inovasi itu penting untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan membangun kemandirian desa.

“Maka kami dorong setiap dusun agar lebih kreatif menciptakan inovasi sesuai dengan potensi sumber daya yang ada di desanya. Dengan harapan dapat memanfaatkan lahan di pekarangan dan lahan yang tidak produktif, desa semakin inovatif mengembangkan potensi desanya,” ujar Abd. Razak kepada cakrawarta.com, Kamis (21/11/2019).

Acara yang dihadiri oleh Ketua BPD Saukang, TPID Sinjai Timur, kelompok tani, pemuda, pengurus PKK dan tokoh masyarakat tersebut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian melalui bursa inovasi desa yakni pengembangan budidaya ikan lele di kolam terpal.

Abd. Razak juga meminta kepada warga, agar serius dan fokus dalam mengembangkan peluang usaha ini. Kerja keras dan kerja bersama dari masyarakat desa penting, mengingat pembinaan ini hanya sebagai bentuk fasilitasi dalam peningkatan SDM masyarakat.

(awal/bti)

author