Tahun Ini Presiden Jokowi Berqurban Sapi di 9 Daerah

102 views

Presiden Joko Widodo

SURABAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti tahun-tahun sebelumnya, pada momen Idul Adha 1440 H ini juga akan berqurban sapi. Untuk tahun 2019 ini Jokowi mengirim sapi yang akan dikirim ke sembilan (9) daerah dengan berat rata-rata sapi yang dipilih adalah 1 ton.

Untuk qurban sapi yang paling berat akan disembelih di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (11/8/2019) pagi ini seusai sholat Idul Adha dengan bobot 1,7 ton. Sapi yang dipilih adalah jenis Limosin.

Sementara itu, Jokowi juga mengirim sapi dengan berat sekitar 1,1 hingga 1,2 ton ke Masjid Nur Ma’unah, Gunung Kidul seharga Rp 100 juta dan untuk masyarakat Sleman dengan berat 1 ton dan harganya juga 100 juta. Keduanya berwarnanya hitam dan diberi nama Si Black.

Surabaya tak ketinggalan mendapatkan kiriman sapi qurban dari orang nomor satu di Indonesia itu. Penyembelihan sapi qurban kakek Jan Ethes itu akan dilakukan di Masjid Al-Akbar Surabaya. Sapi jenis peranakan Ongole atau sapi Jawa dengan berat 1 ton itu telah berumur 4 tahun dan didatangkan dari Gresik.

Untuk Pulau Sumatera, Jokowi mengirim sapi jenis Limosin dengan berat 1,2 ton dan akan disembelih di Masjid Jami’ Bengkulu. Harga sapi itu mencapai Rp 64 juta. Pun juga untuk warga Palembang, Jokowi juga mengirimkan sapi jenis Ongole seberat 1,1 ton dan akan disembelih di Masjid Agung Sulthan Mahmud Badaruddin II, Palembang Sumatera Selatan. Harga sapi tersebut adalah Rp 85 juta.

Sedangkan untuk Pulau Sulawesi, Jokowi mengirim sapi qurban berbobot 1 ton seharga Rp 85 juta untuk masyarakat Polewali Mandar Sulawesi Barat. Uniknya sapi yang cukup mahal ini diberi nama Mike Tyson oleh penjualnya. Selain itu, masyarakat Sulawesi Utara juga mendapatkan kiriman sapi qurban milik Presiden yang mudah tertawa ini. Penyembelihannya di Masjid Ribaathul Quluub, Bitung dengan berat 0,75 ton dan berwarna putih. Bahkan masyarakat Sulawesi Tenggara pun mendapatkan kiriman sapi qurban Jokowi dengan berat 0,75 ton seharga Rp 45 juta dan akan disembelih di Pondok Pesantren Gontor Putri di Konawe Selatan.

Masyarakat Jawa Tengah, khususnya Solo tak ketinggalan. Tak tanggung tanggung, sebagai daerah asal Presiden, dua sapi dengan berat 1,4 dan 1,3 ton dibeli Presiden untuk warga masyarakat Solo dan akan disembelih di dua masjid yakni Masjid Agung Solo dan Masjid Al-Wustha Solo.

(bus/bti)

author