Friday, March 29, 2024
HomePolitikaDaerahSyahrul Aidi: Jalan Pekanbaru-Bangkinang Dapat Tambahan Dana 200 M Untuk Tahun 2020

Syahrul Aidi: Jalan Pekanbaru-Bangkinang Dapat Tambahan Dana 200 M Untuk Tahun 2020

Anggota DPR RI asal Riau Syahrul Aidi (Kiri, bertopi) beserta Bupati Kampar Catur Sugeng  (tengah, kopiah hitam) saat mengajak Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR meninjau jalan Pekanbaru-Bangkinang beberapa waktu lalu. (foto: anhar rosal)

 

PEKANBARU – Salah satu usaha Yang dilakukan anggota DPR RI asal Riau H. Syahrul Aidi Maazat, Lc agar dapilnya mendapat kue pembangunan dari anggaran pusat membuahkan hasil yang menggembirakan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menganggarkan lebih dari 200 miliar untuk pembangunan lanjutan jalan Pekanbaru-Bangkinang.

Hal itu disampaikan oleh Syahrul Aidi saat dihubungi redaksi cakrawarta.com pada Jumat (28/2/2020) siang saat dirinya mengadakan silaturahmi dengan masyarakat Desa Petapahan Tapung.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan informasi bahwa pada tahun ini Riau mendapat alokasi anggaran lanjutan pembangunan Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 10.35 kilometer. Mudah-mudahan secepatnya dikerjakan,” terang Syahrul Aidi.

Politikus PKS itu menjelaskan saat akhir tahun 2019 kemarin, dirinya melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR. Saat itu Kementerian PUPR menyatakan bahwa lanjutan pembangunan jalan Pekanbaru-Bangkinang akan segera dilaksanakan.

“Mendapat info itu, saya tak terima, langsung menekan pihak Kementerian PUPR agar dilaksanakan pada 2020 ini juga,” kenang Syahrul Aidi.

Untuk merealisasikan hal itu, Syahrul Aidi beberapa kali mengajak jajaran Kementerian PUPR untuk turun langsung ke Riau. Terakhir, dia mengajak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melihat langsung kondisi jalan tersebut.

“Melihat urgensi jalan tersebut, akhirnya Kementerian PUPR memutuskan untuk melanjutkannya tahun ini,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kampar melalui Asisten 2 Setda Kampar Azwan MSi saat dihubungi pada Jumat (28/2/2020) malam menyatakan bahwa Pemkab Kampar telah melakukan rapat akhir, yang membicarakan teknis dengan Dirjen Jalan Kementerian PUPR beberapa hari yang lalu.

Adapun ruas jalan tersebut dibangun di dua titik yaitu Desa Kualu Nenas hingga ke Pasar Danau Bingkuang sepanjang 6.55 kilometer. Dan dalam Kota Bangkinang yaitu lanjutan ruas jalan M Yamin hingga ke Simpang Panca sepanjang 3,8 kilometer.

“Totalnya adalah 10.35 kilometer yang menghabiskan anggaran hingga lebih dari 200 milyar,” urai mantan Kepala Bappeda Kampar ini.

Untuk lebih teknisnya lagi, kata Azwan, ke depannya akan dilakukan rapat lanjutan. Yang menariknya dari jalan M Yamin-Bangkinang, akan ada jalan sepanjang 200 meter dengan konsep setiap jalur kendaraan akan ada 2 lajur jalan ditambah bahu jalan dan drainase.

(anhar rosal/bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular