Stok Darah PMI Alami Krisis, REKAN Indonesia Serang Gelar Donor Darah

18
Sejumlah warga mendaftarkan diri dan mengikuti acara donor darah yang diselenggarakan Relawan Kesehatan (REKAN) Indonesia Kabupaten Serang di Perumahan Banten Metropolis Residence, Serang Banten, Minggu (15/11/2020) pagi. 

 

SERANG – Ratusan anggota Relawan Kesehatan (REKAN) Indonesia bersama warga perumahan Banten Metropolis Residence (BMR) Serang Banten mengadakan donor darah sekaligus memperingati Hari Pahlawan, Minggu (15/11/2020).

Donor darah yang juga bekerjasama dengan komunitas dan paguyuban ini sebagai bentuk kepedulian REKAN Indonesia Kabupaten Serang terhadap krisis persediaan darah di PMI. Hadir dalam donor darah tersebut Camat Kibin, Imron Ruhyadi dan Lurah Nagara, Sarja Kusuma. Bahkan Imron Ruhayadi ikut mendonorkan darahnya.

“Saya sangat mendukung agenda donor darah yang diadakan oleh Rekan Indonesia. Dan saya mengajak kepada warga Kibin untuk ikut mendonorkan darahnya secara rutin. Setetes darah kita sangat berarti untuk yang membutuhkan,” kata Imron dalam sambutannya sebelum mendonorkan darah.

Suryanto, Ketua REKAN Indonesia Kabupaten Serang mengatakan bahwa donor darah ini disambut antusias oleh warga, namun karena kondisi yang masih di tengah pandemi Covid-19 ini, panitia terpaksa hanya membatasi 210 orang pendonor.

“Guna tetap menjaga jarak maka peserta donor kami batasi, dan bulan depan kami akan kembali mengadakan donor darah lagi,” ujar Suryanto.

Suryanto sendiri menambahkan bahwa data PMI Kabupaten Serang selama pandemi Covid-19 terjadi penurunan jumlah pendonor, biasanya dalam satu hari ada 10-20 orang yang datang mendonorkan darah saat ini hanya 3-5 orang pendonor. Kondisi ini menyebabkan Kabupaten Serang mengalami krisis persediaan darah. Karena itu pula, aksi kemanusiaan donor darah ini diselenggarakan oleh pihak REKAN Indonesia Kabupaten Serang.

(an/bti)