Pramuka Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

138 views

Peserta Talkshow “Penegak Pandega Mau Kemana..?” berfoto bersama dengan pembicara di depan lokasi acara di Kafe Tabularasa, Sumenep, Madura, Selasa (13/8/2019). 

 

SUMENEP MADURA – Agustus merupakan bulan yang spesial bagi para pramuka di Indonesia khususnya pramuka Sumenep. Menyambut Hari Pramuka DKC Sumenep melaksanakan kegiatan Talkshow hari Pramuka mengangkat tema “Penegak Pandega Mau Kemana..?” pada hari ini, Selasa (13/8/2019) di Cafe Tabularasa, Sumenep, Madura.

Acara yang melibatkan para pramuka Penegak Pandega di Sumenep yang terdiri dari unsur Dewan Kerja Ranting atau DKR, Satuan Karya (SAKA)  dan pramuka perguruan tinggi. Acara ini bertujuan membangkitkan semangat para pramuka milenial dalam berproses di organisasi Gerakan pramuka pada era sekarang ini.

Talkshow Hari Pramuka dengan Narasumber Kak Wahyudi Sukarno Andalan Daerah Jawa Timur juga sebagai Purna Wakil Ketua Dewan Kerja Nasional atau biasa disebut DKN dan Kak Zamzami Sabiq Purna ketua Dewan Kerja daerah Jawa Timur. Dengan pengalaman dan prestasi yang tidak diragukan lagi memberikan sentuhan semangat membuat peserta antusias dan merasa nyaman untuk menyimak serta mengikuti kegiatan kebersaman terebut.

KaK Zamzami Sabiq yang akrab dipanggil Kak Zami menyampaikan bahwa pramuka Penegak dan Pandega harus disiapkan untuk mengabdi kepada masyarakat karena, “Pramuka itu awal membangun tenda, selanjutnya keluarga dan selanjutnya membangun masyarakat jadi mempersiapkan diri tidak hanya dalam mengembangkan intelektual, keterampilan untuk masa depan kalian tetapi juga bagaimana kalian bisa bermanfaat untuk masyarakat,” katanya dalam kesempatan tersebut yang kemudian diikuti tepuk tangan peserta.

Pramuka Sumenep juga diakui baik oleh Kak Wahyudi Sukarno dengan dilaksanaknnya Talkshow Hari Pramuka yang menandakan Progresifnya Pramuka penegak pandega Sumenep.

“Kegiatan ini merupakan salah satu gambaran behwa pramuka Penegak Pandega Sumenep mau untuk maju menjadi lebih baik,” katanya.

Kegiatan Talkshow yang dilaksanakan oleh DKC Sumenep ini bekerjasama dengan Kedai Kopi Tabularasa memberikan suasana baru bagi pramuka. Tempat dan nyaman dengan seduhan kopi nikmat membuat peserta lebih fokus dalam menerima berbagai penyampaian Narasumber.

Kak Muhammad Romli selaku ketua Dewan kerja Cabang Sumenep menyampaikan, “Talkshow hari Pramuka ini kita laksanakan tidak hanya menyambut Hari Pramuka namun acara ini juga berfungsi sebagai wadah mereka menambah wawasan agar pramuka penegak pandega mampu menghadapi tantangan zaman dan dengan harapan mereka bisa menjadi orang-orang yang hebat serta berguna bagi masyarakat.”

Kak Muhammad Romli berharap kegiatan ini, “Bisa menjadi salah satu jalan bagi Para Pramuka Sumenep dalam mengembangkan para Penegak Pandega Sumenep untuk memiliki pola pikir luas dan selalu ingin mengembangkan dirinya.”

(bus/bti)

author