Menlu RI Dijadwalkan Bertemu Menlu AS Awal Juni

29

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Armanatha Nasir. (Dok. The Gurdian)
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Armanatha Nasir. (Dok. The Gurdian)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI, Retno Lestari Priansari Marsudi akan berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan kunjungan tersebut merupakan acara rutin tiap dua tahun. Acara yang dikemas dalam forum bernama Join Ministrial Committee (JMC) itu Menlu RI dan Menlu AS bertemu dalam forum terbatas.

Dalam forum terbatas tersebut juga akan dibahas mengenai rencana kunjungan kerja Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat. Ada ketentuan-ketentuan yang harus diatur sedemikian rupa oleh Indonesia dan Amerika Serikat. Khususnya dalam hal pencocokan jadwal kedua kepala negara.

“Betul. Ada rencana kunjungan Menlu ke Amerika Serikat untuk pertemuan Joint Ministrial Committee pada awal Juni 2015,” ujar Juru Bicara Kemenlu, Armanatha Nasir di kantor Kemenlu, Kamis (7/5).

Menurut pria yang akrab disapa Tata tersebut, kedua Menlu selain membahas rencana pertemuan dua Presiden, juga bertugas menyediakan bahan. Ini artinya, kedua Menlu membahas isu-isu strategis (diluar isu strategis yang sedang bergulir) yang akan dibahas kedua kepala negara. (MSA/BTI)