Kodim Surakarta Gembleng Prajuritnya dengan Latihan Permildas, Ini Tujuannya

Seluruh anggota Kodim 0735/Surakarta bersama-sama mengikuti latihan Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang diikuti oleh seluruh Anggota baik Militer maupun PNS, Senin (24/6/2019).

 

SURAKARTA – Usai pelaksanaan Upacara pengibaran bendera di Lapangan Upacara Makodim, Jln A. Yani No.349 Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan seluruh Anggota Kodim 0735/Surakarta bersama-sama mengikuti latihan Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang diikuti oleh seluruh Anggota baik Militer maupun PNS, Senin (24/6/2019).

Latihan Permildas yang dilaksanakan pagi ini meliputi latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan latihan Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), serta Peraturan Dinas Garnisun (PDG).

Perwira Seksi Operasional (Pasiops) Kodim Kapten Inf Mulyono memimpin langsung pelaksanaan latihan tersebut.

Saat ditemui usai pelaksanaan latihan, Pasiops menegaskan bahwa kegiatan Minggu Militer yang dilaksanakan setiap bulan pada minggu terakhir tersebut merupakan sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar-dasar keprajuritan. Profesionalisme prajurit dapat dilihat dari sikap,tingkahlaku, disiplin, loyalitas, serta militansi yang ditunjukkan dalam kesehariannya. “Latihan PBB dan PUDD merupakan bagian dari pemeliharaan disiplin bagi prajurit sekaligus bertujuan untuk membentuk karakter serta mental prajurit,” tegasnya.

Lebih lanjut Mulyono menambahkan bahwa latihan PBB dan PUDD ini rutin dilaksanakan oleh seluruh prajurit, bukan hanya disaat minggu militer saja, namun rutin dilaksanakan usai melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dan pada saat selesai melaksanakan apel pagi setiap harinya.

“Kita ingat-ingat kembali Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang kita dapatkan semenjak pertama kali menjadi Anggota TNI, Laksanakan latihan ini dengan penuh semangat dan jangan malas untuk berlatih, karena semua ilmu yang sudah kita dapatkan akan lupa jika tidak kita pelajari dan kita latihkan,” pungkasnya.

(bti)

author