Kemenlu: DPR Bukan Bagian Pemerintah

1034 views
Ketua DPR RI, Setya Novanto, saat berada di acara kampanye politik kandidat Presiden AS asal Partai Republik, Donald Trump, Kamis (3/9/2015). (Foto: BBC)

Ketua DPR RI, Setya Novanto, saat berada di acara kampanye politik kandidat Presiden AS asal Partai Republik, Donald Trump, Kamis (3/9/2015). (Foto: BBC Indonesia)

JAKARTA – Kamis (3/9/2015, Ketua DPR RI, Setya Novanto menghadiri kampanye bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump. Aktifitas tidak biasa ini menimbulkan banyak pertanyaan dari sejumlah pihak. Khususnya soal latar belakang kepergian orang nomor satu di DPR ini.

Banyak opini berkembang mengenai apakah kedatangan Setya Novanto menunjukkan dukungan resmi pemerintah atau tidak. Kemenlu sendiri menanggapi pertanyaan itu, melalui Juru Bicaranya, Armanatha Nasir, menegaskan bahwa Setya Novanto tak mewakili pemerintah.

“Mungkin sudah jelas ya anggota DPR bukan itu bukan bagian pemerintah itu kan parlemen ini kan jelas yang berkunjug bukan pemerintah,” kata Arrmanatha, di kantornya, Jumat (4/9).

Armanatha sendiri mengetahui lawatan Ketua DPR ke negeri Paman Sam itu untuk menghadiri berbagai acara yang berhubungan dengan pertemuan parlemen dunia.

“Yang kami ketahui memang ada kunjungan ketua DPR di Amerika Serikat itu utamanya untuk 3 pertemuan. Terkait dengan kegiatan lain bisa ditanyakan ke DPR,” pungkasnya.

(msa/bti).

author