Friday, March 29, 2024
HomeOlahragaKemendikbud Luncurkan Gala Siswa 2018

Kemendikbud Luncurkan Gala Siswa 2018

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (tengah, songkok hitam) saat meluncurkan program penguatan pendidikan karakter Liga Sepak Bola (Gala) Siswa Indonesia 2018 di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (13/11/2017). (Foto: Jilan Rifai/Kemendikbud)

 

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menerus mendorong Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi peserta didik sebagai wujud revolusi mental.

Kali ini program PPK dihadirkan melalui Liga Sepak Bola (Gala) Siswa Indonesia, ajang kompetisi sepak bola bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan diselenggarakan pada 2018 mendatang.

“Percayalah, nanti akan muncul pemain-pemain sepak bola yang brilian. Melalui Gala Siswa Indonesia ini kita bisa menyiapkan anak-anak kita,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi Pengelolaan Pendidikan Berbasis Zonasi Tahun 2017 dan Peluncuran Gala Siswa Indonesia 2018 di Hotel Sahid Jakarta, Senin (13/11/2017).

Gala Siswa Indonesia merupakan wadah bagi siswa yang memiliki bakat dan potensi di bidang olah raga sepak bola, khususnya jenjang SMP untuk tahun depan. Namun, ke depan secara bertahap akan ada Gala Siswa Indonesia untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ajang bergengsi ini bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dalam memberi ruang bagi siswa, guru, orangtua, sekolah, komunitas sepak bola, suporter sepak bola, dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memajukan persepakbolaan Indonesia.

“Saya mohon kerja sama semua kepala dinas terutama daerah-daerah yang mempunyai potensi pemain-pemain bolanya,” tegas Muhadjir.

Gala Siswa Indonesia akan diselenggarakan secara berjenjang dan berkesinambungan mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional. Tidak hanya itu, para pemain berbakat dalam Gala Siswa Indonesia ini akan dipersiapkan untuk ajang kompetisi sepak bola tingkat internasional.

(bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular