Friday, April 19, 2024
HomePolitikaDaerahJokowi: Semua Tanah Di Indonesia Akan Bersertifikat Pada 2025

Jokowi: Semua Tanah Di Indonesia Akan Bersertifikat Pada 2025

Presiden Joko Widodo secara simbolis memberikan sertifikat tanah kepada 3.200 penerima di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik, Kamis (20/6/2019). (foto: setpres)

 

GRESIK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat yang berada di Kabupaten Gresik dengan keseluruhan mencapai 3.200 sertifikat. Penyerahan berlangsung di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Kamis (20/6/2019).

Jokowi kembali menjelaskan dalam sambutannya, di seluruh Indonesia terdapat kurang lebih 126 juta bidang tanah yang harusnya bersertifikat. Namun, hingga 2015 kemarin baru sebanyak 46 juta bidang tanah yang memiliki bukti hak kepemilikan.

“Bayangkan, 80 juta (bidang tanah) yang belum. Berarti bapak dan ibu sekalian yang pegang sertifikat hari ini sangat beruntung. Alhamdulillah,” ujarnya di hadapan ribuan penerima sertifikat.

Di Gresik sendiri, diperkirakan terdapat kurang lebih 775.514 bidang tanah. Dari jumlah tersebut sebanyak 341.606 sudah terdaftar dan memiliki sertifikat. Untuk ratusan ribu bidang tanah yang belum bersertifikat di Gresik, pemerintah menargetkan pada tahun 2024 kelak seluruh bidang tanah tersebut telah memiliki sertifikat.

“Tadi sudah dijanjikan Pak Menteri BPN, Gresik 2024 semuanya selesai. Pak Menteri yang janji, saya dan bapak, ibu tinggal menagih janjinya. Sekarang, menteri kalau kerja itu pakai target,” kata mantan walikota Solo itu.

Demikian halnya bagi bidang tanah di seluruh Indonesia. Jokowi mengatakan bahwa dirinya memiliki target untuk menjadikan seluruh rakyat Indonesia memiliki tanda bukti hukum dan kepemilikan atas tanah atau lahan masing-masing.

“Target kita 2025 seluruh Indonesia yang namanya sertifikat ini insyaallah rampung,” tandasnya.

(bti)

RELATED ARTICLES

Most Popular