Ingin Lindungi Pekerja Media, LIRA Lahirkan IRSI

62 views

 

Pengurus LSM LIRA berkumpul di Kantor Sekretariat LIRA Sumatera Utara, Medan, Kamis (11/7/2019). (foto: husnie)

 

MEDAN – Sebuah organisasi profesi segera diluncurkan untuk mewadahi para reporter di seluruh Indonesia. Organisasi yang dibidani pendiri sekaligus Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), HM. Jusuf Rizal itu diberi nama Ikatan Reporter Seluruh Indonesia (IRSI). Ketua Umum yang ditunjuk pertama adalah seorang wartawan senior asal Medan, Arse Pane.

Nantinya, IRSI akan membentuk cabang di tingkat propinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan menggunakan jaringan LIRA dan media daring miliknya.

“Kami optimis kehadiran Ikatan Reporter Seluruh Indonesia akan melindungi para pekerja media,” ujar JR, sapaan akrab Jusuf Rizal, Kamis (11/7/2019).

Menurut JR, organisasi ini akan mewadali lintas profesi bagi mereka yang bekerja di industri media. Selama ini mereka yang bekerja di industri media ada yang tergabung di berbagai organisasi, seperti wartawan, televisi, radio, media daring, penulis dan bahkan menjadi kontributor.

“Kini semua dengan latar belakang tersebut bisa bergabung dalam satu wadah IRSI ini,” tegas pria yang juga Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi www.liranews.com itu.

Logo resmi Ikatan Reporter Seluruh Indonesia (IRSI)

Lebih jauh dikatakan olehnya bahwa selama ini banyak organisasi profesi yang mewadahi pekerja media, eksistensi organisasinya tidak semua sampai ke daerah. Sementara di daerah membutuhkan wadah untuk peningkatan kompetensi, pembinaan maupun peningkatan profesionalisme SDM.

Sementara itu, menurut JR untuk ke pengurusan dan keanggotaan IRSI (Ikatan Reporter Seluruh Indonesia) dì Sumatera Utara dan 33 kabupaten/kota akan segera dibentuk. Karena itu, pihak IRSI mengajak para insan industri multi media yang ingin bergabung dengan mendaftar email :dpp.lira@gmail.com atau nomor whatsapp 0811-145-9494.

(husnie/bti)

author