Hindari Polemik, Kepala BPIP Juga Berikan Klarifikasi Pada Romo Benny

 

JAKARTA – Polemik terkait pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, membuat banyak pihak terkejut. Apalagi dengan pilihan diksi “agama musuh terbesar Pancasila”. Tak ingin tambah panjang, Yudian yang juga Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu berkirim pesan singkat melalui Whatsapp kepada Romo Benny Susetyo.

Dihubungi oleh redaksi cakrawarta.com, Romo Benny membenarkan bahwa Yudian Wahyudi memberikan klarifikasi padanya. Berikut penjelasan Yudian Wahyudi kepada Romo Benny.

Yth. Romo Benny.

Yang saya maksud adalah bhw Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin.

Pancasila itu agamis karena ke 5 sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam Kitab Suci ke enam agama yang diakui secara konstitusional oleh NKRI.

Namun, pada kenyataannya, Pancasila sering dihadap-hadapkan dengan agama oleh orang-orang tertentu yg memiliki pemahaman sempit dan ekstrim, padahal mereka itu minoritas (yang mengklaim mayoritas).

Dalam konteks inilah, “agama” dapat menjadi musuh terbesar karena mayoritas, bahkan setiap orang, beragama, padahal Pancasila dan Agama tidak bertentangan, bahkan saling mendukung.

Untuk diketahui, pada Rabu (12/2/2020) media daring detik.com merilis video singkat wawancara dengan Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang baru pekan lalu dilantik Presiden Joko Widodo. Polemik muncul tatkala secara gamblang terdapat potongan pernyataan Yudian bahwasanya “musuh terbesar Pancasila adalah agama”.

(bm/bti)

author