Gubernur, Pangdam V dan Kapolda Jatim Akan Segera Ke Pulau Sapudi Terdampak Gempa Situbondo

Tampak kondisi sebagian rumah warga di Pulau Sapudi, Sumenep Madura, yang rusak akibat gempa Situbondo yang mana wilayah ini paling dekat dengan pusat gempa. (Foto: istimewa)

 

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Pangdan V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, dan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, akan langsung turun ke Pulau Sapudi, untuk melihat kondisi paska gempa semalam.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman ditemui di Mapolda Jatim menjelaskan, saat ini anggotanya telah menuju ke Pulau Sapudi untuk melakukan pendataan, baik korban maupun infrastruktur yang mengalami kerusakan.

“Kodimnya kan ada di Sumenep, di Pulau Sapudi ada Koramil disana, ada Babinsa disana. Dari Sumenep telah diberangkatkan 20 orang kesana,” jelasnya, Kamis (11/10/2018).

Sejumlah prajurit yang sudah diberangkatkan, juga bersama sama dengan pihak BPBD. Tidak hanya itu, Gubernur, Kapolda dan Pangdam V Brawijaya juga akan melihat situasi secara langsung kondisi Pulau Sapudi.

Berdasarkan laporan di Lapangan, Pangdam V Brawijaya mengatakan, ada sekitar 25 rumah rusak, kemudian 3 orang meninggal dunia, dan 7 orang mengalami luka luka. Tetapi saat ini masih tetap dilakukan pendataan.

“Gempanya kan di Situbondo, di Situbondo saya cek, di Banyuwangi, tidak ada kerusakan, hanya rusak sedikit,” paparnya.

Pangdam menegaskan, jika rumah rumah yang mengalami kerusakan, akan dibangun kembali oleh prajurit TNI AD, sedangkan anggarannya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Jadi, cepet ini diselesaikan,” ucapnya.

Sementara itu, dikatakannya untuk jaringan listrik maupun komunikasi masih aman. Karena sampai saat ini, pihaknya masih bisa berkomunikasi terkait kondisi disana.

(bti)

author