Generasi Milineal Dukung Ridwan Kamil Gubernur Dengan Cara Bersihkan Sungai

Generasi milineal membentangkan spanduk dukungan terhadap Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat seusai membersihkan Kalimalang, Bekasi, pada Minggu (3/11/2017). (Foto: darul mutaqin/ gen kamil)

BEKASI – Kelompok relawan pendukung Ridwan Kamil di Bekasi, yang menamakan diri GEN KAMIL (Generasi Ridwan Kamil Milenial) dan terdiri dari komunitas anak muda, organisasi mahasiswa, penggiat lingkungan, serta individu profesional di Bekasi mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat 2018-2023. Kegiatan Deklarasi dilakukan dengan menggelar aksi peduli sungai di Kalimalang, Kota Bekasi.

Sungai adalah tempat dari berbagai peradaban besar kuno di dunia ini lahir, salah satunya adalah juga pusat peradaban sejarah masyarakat di Jawa Barat. Bagi masyarakat Sunda Puhun, sungai bermakna kosmik perempuan. Perempuan adalah kehidupan itu sendiri dari segi keibuannya. Kedudukan perempuan dalam masyarakat Sunda Puhun sama terhormatnya dengan mereka yang menghormati air kehidupan.

Budaya air di Pasundan merupakan siklus alamiah yang menyatukan curah hujan, sungai, hutan, dan ladang. Sungai berguna bagi kehidupan dan kelestarian selain sebagai sumber irigasi, juga sebagai sumber tenaga listrik, sumber air bersih, sumber transportasi, bahkan sumber pariwisata.

“Kami mendukung Ridwan Kamil sebagai Gubernur masa depan, dan kami harap dibawah kepemimpinan beliau Jawa Barat akan memiliki sungai-sungai yang bersih dan bermanfaat bagi kehidupan serta kelestarian”, ungkap Kordinator GEN KAMIL, Darul Mutaqin.

Menurut Darul dengan memiliki sekitar 53 aliran sungai, Jawa Barat harus mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan dan pusat peradaban masyarakat di Jawa Barat. Dengan pengalamannya sebagai Walikota yang telah sukses membangun kembali puluhan ruang terbuka hijau di kota bandung, maka jika Ridwan Kamil menjadi Gubernur tentunya tidak akan sulit untuk mewujudkannya.

Kegiatan Delarasi di ikuti oleh 200 orang anak muda dengan memakai topeng wajah Ridwan Kamil sebagai bentuk dukungan, bersama 16 perahu sebagai simbol angka menyambut gubernur Jawa Barat yang ke 16. Selain kegiatan bersih-bersih di bantaran sungai, juga dilepas ratusan bibit ikan di sungai Kalimalang sebagai bentuk harapan agar sungai di Jawa Barat dapat kembali menjadi sumber kehidupan di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai Gubernur.

Darul menegaskan bahwa GEN KAMIL sebagai sebuah organisasi relawan pendukung yang beranggotakan anak muda di Bekasi, akan berjuang untuk memastikan terpilihnya Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat 2018-2023, demi terjaganya masa depan serta kehidupan yang lestari di Jawa Barat.

(bm/bti)

author