Gandeng SKK Migas Jabanusa, PWI Jatim Gelar Kembali Uji Kompetensi Wartawan

0 12
Kepala SKK Migas Jabanusa (Jawa, Bali dan Nusa Tenggara) Nur Wahidi  (berdiri, pakai batik) saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  PWI Jawa Timur angkatan ke-31 di Balai Wartawan PWI Jatim, Surabaya, Jumat (27/11/2020). (foto: istimewa)

 

SURABAYA – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur kembali digelar. UKW yang diselenggarakan sebagai tanggung jawab dan kewajiban profesi untuk menstandarkan kemampuan wartawan ini dilaksanakan di Balai Wartawan PWI Jatim, Surabaya.

“UKW kali ini sudah memasuki angkatan ke-31 sejak kami gelar mulai pertengahan tahun 2012. Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan UKW kami laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Machmud Suhermono, Wakil Ketua PWI Jawa Timur dalam pernyataannya saat membuka acara, Jumat (27/11/2020).

Alumnus FISIP Universitas Airlangga itu menambahkan bahwa UKW yang digelar hingga besok, Sabtu (28/11/2020) tersebut, merupakan hasil kerja PWI Jawa Timur yang didukung oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Sementara itu, Kepala SKK Migas Jabanusa (Jawa, Bali dan Nusa Tenggara) Nur Wahidi pada pembukaan kegiatan UKW angkatan ke-31 ini menyatakan pelaksanaan program ini dalam upaya mendukung program-program yang dilaksanakan PWI Jawa Timur dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan.

“Minyak dan gas bumi menjadi salah satu sektor penting bagi perekonomian nasional, termasuk Jawa Timur, sehingga masukan dari pemangku kepentingan melalui pemberitaan media menjadi sangat penting dalam meningkatkan kinerja kegiatan hulu migas,” ujar Nur Wahidi.

Untuk diketahui, kegiatan UKW angkatan ke-31 yang diikuti 18 peserta ini merupakan hasil kerja sama PWI Jatim dengan SKK Migas Jabanusa dan bentuk kelanjutan kegiatan serupa yang digelar pada akhir Oktober 2020 dan juga tahun 2019.

Secara nasional hingga saat ini ada sekitar 17.000 wartawan yang telah lolos UKW (kompeten) dan dari jumlah itu, sebanyak 12.464 orang wartawan merupakan kontribusi dari lulusan UKW yang diselenggarakan PWI. Di Jawa Timur sudah sekitar 1.300 wartawan yang kompeten.

(ms/bti)

Leave A Reply

Your email address will not be published.