Dukung Menkes, YLKI Sepakat Iklan Rokok di Dunia Maya Diblokir

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

 

JAKARTA – Terkait beredarnya informasi mengenai adanya surat Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F. Moeloek kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk memblokir iklan rokok di internet, mendapatkan respon positif dari pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengapresiasi dengan menyatakan mendukung langkah Menkes.

“Keberadaan iklan rokok di internet sangat mengkhawatirkan, karena bisa dibuka oleh siapapun dan kapanpun, tanpa kontrol dan batas waktu, termasuk anak anak dan remaja. Karena itu, iklan rokok di internet layak diblokir guna melindungi anak anak dari paparan iklan rokok dan mencegah meningkatnya prevalensi merokok pada anak-anak dan remaja,” papar Tulus Abadi dalam rilis persnya, Kamis (13/6/2019) pagi.

Tulus menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang masih menjadi surga iklan dan promosi rokok. Padahal menurutnya, di seluruh dunia iklan dan promosi rokok telah dilarang seperti di Eropa sejak tahun 1960 dan Amerika Serikat sejak 1973.

(bm/bti)

author