Buya Syafi’i Ma’arif Raih International Man of Peace 2019

Buya Syafi’i Ma’arif menerima penghargaan sebagai  Internasional Man of Peace 2019 dari Founder dan Director Festival Film Perdamaian di Ma’arif Institute, Rabu (28/8/2019) lalu.

 

JAKARTA – International Film Festivals for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE) sebagai penyelenggara festival film internasional, yang khusus mengangkat tema-tema perdamaian, inspirasi, dan persamaan hak melalui media film bekerja sama dengan World Peace Awards dan Visions of Peace Initiative yang berpusat di Amerika Serikat memilih Buya Syafii Maarif sebagai Internasional Man of Peace 2019.

Buya Syafi’i Ma’arif juga menerima Pin Penghargaan sebagai Ambassador of Peace dari Visions of Peace (VOP) yang diserahkan oleh Natasha Dematra selaku direktur Asia untuk VOP. Pemberian Penghargaan dilakukan baru-baru ini dalam rangka merayakan Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh setiap ‪tanggal 21 September‬, yang merupakan inisiasi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Damien Dematra, founder dan director Festival Film Perdamaian ini mengungkapkan bahwa pemberian ini dilakukan untuk mengapresiasi perjuangan Buya Syafii Maarif bagi perdamaian lintas suku, agama, ras dan antar golongan.

“Nilai toleransi yang tinggi telah diteladankan dan digaungkan tanpa jeda oleh Buya, kepada bangsa yang majemuk ini. Diharapkan penganugerahan ini akan mengingkatkan kita semua sebagai bagian dari masyarakat Indonesia untuk terus mengedepankan nilai-nilai perdamaian dan tidak mudah tersulut pertikaian atas nama perbedaan. Berbeda itu indah dan biasa, dan diharapkan hal ini akan menginspirasi generasi muda untuk terus mengutamakan perdamaian bangsa dan umat manusia dalam bersikap,” ujar Damien Dematra kepada cakrawarta.com, Sabtu (31/8/2019).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Damien, pengangkatan Buya sebagai Tokoh Perdamaian ini sejalan dengan misi utama IFFPIE yang adalah meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat Indonesia dan lintas negara, serta mendukung Perserikatan Bangsa-Bangsa menjalankan misi kemanusiaan dan perdamaian dengan mempromosikan perayaan Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh tiap ‪tanggal 21 September‬.

Pada tahun-tahun sebelumnya, grup Festival bertema kemanusiaan ini juga telah memberikan penghargaan pada Ir. Joko Widodo (Man of Inspiration 2014), Jimmy Carter (Man of Inspiration 2015), Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc., Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (International Woman of Change 2016), Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., Menteri Sosial RI (International Woman of Change 2016), H.E. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva, Duta Besar Rusia untuk Indonesia (Woman of Supreme Achievement 2019) dan masih banyak lagi tokoh-tokoh International.

Pada tahun ini, IFFPIE bekerja sama dengan Masyarakat Adat Nusantara (MATRA),  Universitas AMIKOM Yogyakarta, International Festivals Group, Pesantren Pangeran Diponegoro, dan Visions of Peace Awards, dan akan melangsungkan Upacara Perayaan Hari Perdamaian Sedunia dengan tema Culture Brings Peace To Humanity di beberapa tempat di Yogyakarta dan Sleman, pada ‪tanggal 3-4 September‬ nanti.

“Acara ini nanti rencananya akan dihadiri oleh pemenang dari mancanegara, para Raja-Raja Nusantara, para relawan, aktivis, budayawan, penggiat perdamaian, rohaniawan, pemerhati sosial, seniman, dan undangan,” pungkas Damien Dematra.

(dd/bti)

author